Kisah Pertama Mobil Menggunakan Bahan Bakar, Bayangkan Kecepatannya Hanya 4 Km Per Jam?

Kisah Pertama Mobil Menggunakan Bahan Bakar, Bayangkan Kecepatannya Hanya 4 Km Per Jam?

Kisah Pertama Mobil Menggunakan Bahan Bakar, Bayangkan Kecepatanya Hanya 4 Km Per Jam?--

RADARMUKOMUKO.COM - Mobil adalah salah satu alat transportasi yang paling populer dan bermanfaat di dunia. 

Namun, bagaimana sejarah mobil menggunakan bahan bakar untuk menggerakkan mesinnya? Siapa penemu mobil bertenaga bahan bakar pertama di dunia?

Mobil pertama di dunia tidak seperti mobil yang kita kenal sekarang. Mobil pertama berbentuk kendaraan beroda tiga yang digerakkan oleh mesin uap.

Penemu mobil pertama adalah seorang ilmuwan Perancis bernama Nicolas Joseph Cugnot pada tahun 1769. Mobil pertama ini diciptakan untuk mengangkut meriam semasa perang.

Namun, mobil pertama ini masih sangat sederhana dan sering mengalami kecelakaan. Mobil pertama ini juga tidak memiliki fitur-fitur canggih seperti rem, setir, transmisi, atau kecepatan tinggi. Mobil pertama ini hanya bisa berjalan dengan kecepatan sekitar 4 km/jam.

BACA JUGA:Senjata Tradisional Rakyat Melawan Penjajah, Keris, Rencong, Tombak, Golok Hingga Bambu Runcing

BACA JUGA:Dihuni Oleh Berbagai Suku Etnis, Inilah Jenis-Jenis Rumah Adat Sulawesi Selatan dan Keunikannya

Sejarah mobil kemudian berkembang pesat pada abad ke-19. Para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lain seperti gas, bensin, atau listrik.

Salah satu penemu mobil yang paling terkenal adalah Karl Benz, seorang insinyur Jerman yang menciptakan mobil bertenaga bensin pada tahun 1886.

Mobil Benz Patent Motorwagen adalah mobil bertenaga bensin pertama di dunia yang mendapatkan paten. Mobil ini memiliki roda empat dan mesin dua langkah.

Mobil ini juga memiliki fitur-fitur seperti kopling, karburator, radiator, dan busi. Mobil ini bisa berjalan dengan kecepatan maksimal 16 km/jam.

Inspirasi Benz berasal dari pengalamannya yang sering mengendarai sepeda gayung saat bepergian. Ia ingin membuat sepeda gayung yang bisa berjalan tanpa harus mengayuh. 

Ia juga ingin membuat kendaraan yang lebih praktis, murah, dan efisien daripada mesin uap atau gas.

Mobil Benz Patent Motorwagen menjadi inspirasi bagi banyak produsen mobil lain di dunia. Beberapa merek mobil tertua di dunia yang masih eksis hingga sekarang adalah Mercedes-Benz (1886), Peugeot (1891), Ford (1896), Renault (1898), Fiat (1899), Opel (1899), dan Buick (1899).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: