Daftar Pahlawan Yang Ditakuti Belanda Karena Bisa Menghilang dan Kebal Peluru

Daftar Pahlawan Yang Ditakuti Belanda Karena Bisa Menghilang dan Kebal Peluru

Kiai Moenasir salahsatu pahlawan Indonesia yang ditakuti oleh penjajah Belanda--

RADARMUKOMUKO.COM - Seluruh pejuang dan pahlawan Indonesia yang membela tanah air di medan perang menghadapi penjajah memiliki kebaranian dan rasa cinta pada bangsa yang luar biasa. Mereka tidak takut mati dan rela mengorbankan segalanya.

Walau hanya bersenjata seadanya, para pejuang mampu membuat Belanda kesulitan, bahkan kalah dalam berbagai perperangan. Itu semua berkat kegigihan dan taktik yang digunakan dalam melawan musuh, terutama saat bergerilya.

Tak dipungkiri pula, diceritakan dalam berbagai sumber sejarah, ada beberapa pahlawan ditakuti Belanda karena memiliki kesaktian, mulai dari kebal peluruh, bisa menghilang dan jago beladiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pahlawan Indonesia yang dikenal sakti mandraguna:

Untung Surapati

Perjuangannya dalam memberantas pasukan Belanda sudah membuat Belanda kewalahan, terlebih lagi dengan kesaktian Untung Suropati yang kebal akan peluru. Karena kesaktiannya ini, Untung Suropati sulit ditaklukkan di medan perang.

Dalam buku berjudul Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati karya Sri Wintala Achmad, dikisahkan mengenai pertempuran gabungan antara tentara Sampang, Surabaya, dan tentara VOC, dengan pasukan Pasuruhan dan Bali yang dipimpin oleh Untung Surapati.

Dalam perang tersebut, peluru-peluru ditembakkan hingga membunuh banyak pasukan dari kedua belah pihak, namun hal itu tidak mempengaruhi Untung Suropati. 

Dia masih terlihat gagah duduk di atas kuda Kiai Pakeling miliknya dan membunuh pasukan kompeni dengan tangannya. Bahkan, saat peluru emas ditembakkan padanya, Untung Suropati tidak mengalami luka yang serius.

Sisingamangaraja XII

Raja dari negeri Toba ini memiliki nama lengkap Patuan Bosar Ompu PUlo Batu Sinambela. Pada tahun 1824, perjanjian Belanda-Inggris memberikan seluruh wilayah Inggris di Sumatra kepada Belanda.

Ketika pasukan Belanda tiba di wilayah Sumatra, Sisingamangaraja XII menolak tunduk kepada Belanda dan menyatakan perang.

Selama nyaris 30 tahun, peperangan terus terjadi dan tak dapat dihindarkan. Sisingamangaraja XII pun dikenal sebagai raja yang berani mempertahankan wilayah, dan juga kebal senjata dan peluru.

Hal itu membuat pasukan musuh kewalahan, bahkan ia diketahui memiliki kemampuan menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: