Jadi Pajangan Sejak 2019, Traffic light Satu-Satunya di Kota Mukomuko Sudah Berfungsi

Jadi Pajangan Sejak 2019, Traffic light Satu-Satunya di Kota Mukomuko Sudah Berfungsi

Jadi Pajangan Sejak 2019, Traffic light Satu-Satunya di Kota Mukomuko Sudah Berfungsi -Ilustrasi-BETV

RADARMUKOMUKO.COM - Sudah sekian lama yaitu dari 2019, Traffic light atau lampu lalu lintas di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko hanya menjadi pajangan, alias tak berpungsi karena mati. 

Pada tanggal 15 September 2023, traffic light tersebut sudah aktif kembali. Sumber listrik Traffic light tersebut juga diganti, yang sebelumnya menggunakan tenaga surya, sekarang menggunakan arus listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Pergantian ini merupakan hasil dari cek fisik yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mukomuko bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VI Bengkulu - Lampung.

Setelah dilakukan cek fisik, traffic light tersebut ternyata rusak berat. Sehingga sulit diperbaiki. Kendala lainnya, alat traffic light tenaga surya sulit didapatkan.

BACA JUGA:Pemerintah Bantu 9 Unit Hand Traktor, 51 Unit Hand Sprayer dan 12 Unit Cultivator untuk Petani Mukomuko

Traffic light menggunakan tenaga surya sangat berpengaruh terhadap kondisi cuaca. Sehingga Dishub berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko menyampaikan hasil cek fisik. 

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten mengajukan penggantian traffic light menggunakan arus listrik PLN.

"Kami bersama pihak balai sudah melakukan cek fisik. Hasilnya traffic light kita itu rusak berat dan harus diganti," ujar Rabiadi, S.E., M.M., Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Kabupaten Mukomuko, saat ditemui di kantornya.

Pengajuan mengganti traffic light disebut Rabiadi tidak mudah. Pemda harus menyiapkan data dan persyaratan lainnya. 

Tentunya juga dengan komunikasi yang baik dengan pihak BPTD dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Setelah melalui berbagai proses, akhirnya pihak BPTD menyetujui usulan tersebut.

"Kami mencoba mengusulkan dengan pihak balai dan Kemenhub. Alhamdulillah disetujui," kata Rabiadi

BACA JUGA:Wanita Indonesia Menjadi Mata-Mata Belanda Hingga Alasan Dibentuknya Polwan

Rabiadi menyampaikan bahwa traffic light di Kabupaten Mukomuko ada 3 titik. Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Kecamatan Lubuk Pinang 2 titik yaitu Desa Lubuk Gedang dan Ranah Karya. 

Pihak Pemda sudah mengajukan untuk memperbaiki ketiga traffic light tersebut. Namun pihak BPTD hanya menyetujui 1 titik saja. Untuk tahun 2024, Pemda akan mengajukan perbaikan untuk kedua titik yang belum diperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: