Suku Laut Riau Penjaga Perairan Nusantara, Dikenal Sebagai Perompak dan Setia Pada Kerajaan

Suku Laut Riau Penjaga Perairan Nusantara, Dikenal Sebagai Perompak dan Setia Pada Kerajaan

Suku Laut Riau Penjaga Perairan Nusantara, Dikenal Sebagai Perompak dan Setia Pada Kerajaan--

- Tulisan BM Syamsuddin (1996) yang berdasarkan cerita rakyat. Di mana asal muasal Orang Laut berasal dari garam yang diberikan Raja Johor kepada seorang nenek sakti. Kemudian garam ini menjelma menjadi orang enam suku berkat kuasa Allah SWT.

- Berdasarkan naskah Sulalatus Salatin oleh Vivienne Wee pada 1993. Menurutnya, Orang Laut merupakan keturunan raja-raja Melayu. Di mana seseorang yang bernama Raja Chulan turun ke dalam laut dan menikah dengan putri laut.

- Kemudian juga dikatakan, orang Laut dulunya adalah perompak, tetapi berperan penting dalam Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Malaka dan Kesultanan Johor. Orang Laut menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, hingga memandu para pedagang ke pelabuhan kerajaan-kerajaan tersebut. Bahkan dalam sejarah Melayu disebutkan bahwa Orang Laut dikenal sebagai penjaga wilayah perairan kesultanan, pasukan perang, dan bertugas untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan laut bagi pihak kesultanan.

Menurut data tahun 1972 dari Jawatan Sosial Tanjungpinang, jumlah Orang Laut di Kepulauan Riau mencapai 5.205 orang. Kini, hampir 50 tahun berlalu, masih banyak Orang Laut di Kepulauan Riau yang ditemukan.

Tapi tidak semuanya tinggal di laut. Ada juga yang sudah bermukim. Meski yang masih mengembara di laut juga banyak. Bahkan ada banyak pemukiman Orang Laut yang telah dibangun oleh pemerintah.

BACA JUGA:Perlawanan Suku Melayu di Rempang Dari Dulu dan Kini Kisah Penuh Semangat Melawan Penjajah

BACA JUGA:Kisah Dusun Legetang Hilang Dalam Semalam, Hidup Makmur Namun Maksiat Merajalela

Di antaranya di Pulau Lipan, Kelumu, Sungai Buluh, Tanjung kelit, Kelumu dan Tajur Biru di Kabupaten Lingga.

Atau di Bintan di Air Kelubi, sementara di Batam, Orang Laut bermukim di Pulau Bertam.

Meski memiliki rumah permanen di daratan, orang laut hidup berpindah dari satu wilayah laut ke wilayah laut lainnya tergantung pada musim. 

Kehidupan Orang Laut hingga saat ini masih tergolong tradisional dan bergantung pada laut.

Demikian kisah singkat asal usul suku laut, semoga informasi ini menambah pengetahuan terkait dengan suku-suku bangsa tanah air.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: