Menjadi Satu Kawasan, Inilah Perbedaan Papua Nugini dengan Papua Indonesia

Menjadi Satu Kawasan, Inilah Perbedaan Papua Nugini dengan Papua Indonesia

Menjadi Satu Kawasan, Inilah Perbedaan Papua Nugini dengan Papua Indonesia --

RADARMUKOMUKO.COM – Berbicara tentang Papua Nugini yang terlintas adalah negara terpencil yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Papua Nugini berada di Pulau Papua yang sebagian wilayahnya masuk dalam kawasan Indonesia.

Sehingga tak heran jika keduanya memiliki kebudayaan serta karakteristik penduduk yang sama.

Lantas apa perbedaan kedua?

Sebelum membahas perbedaannya, kali ini akan di jelaskan secara singkat kenapa Papua Nugini tidak masuk dalam kawasan Indonesia.

Pada dasarnya pembentukan Papua Nugini dan Papua Indonesia berbeda secara sejarah di mana Papua Nugini merupakan kawasan jajahan Australia yang kemudian di berikan kemerdekaan pada tahun 1975.

BACA JUGA:Suku Kalang Punya Ekor, Ternyata Pernah Kalahkan Suku Dayak, Padahal Dikenal Sakti

BACA JUGA:Cicilan dan Syarat Pinjam KUR Bank Mandiri Rp 50.000.000, Rp 100.000.000 dan Rp 200.000.000, Hari Ini

Sedangkan wilayah Papua Indonesia menjadi wilayah jajahan Kolonial Belanda yang merdeka dengan perjuangan para pahlawan. Perbedaan keduanya ini yang membuat Papua Nugini dan Papua Barat memiliki perbedaan pengaruh.

Sistem Pemerintah

Secara sistem pemerintah Papua Barat dan Papua Nugini berbeda dimana Papua Barat adalah sebuah provinsi yang di kendalikan oleh pemerintah Indonesia meskipun Provinsi Papua telah di berikan hak otonomi khusus untuk menjalankan aturan.

Sementara Papua Nugini adalah sebuah negara yang memiliki pemimpin perdana menteri meskipun secara umumnya masih di bawah kendali Britania Raya yaitu Ratu Inggris karena merupakan negara persemakmuran seperti Kanada atau Australia.

Jumlah Populasi Penduduk

Secara kependudukan, jumlah penduduk Papua Nugini dan Papua Barat berbeda secara signifikan dimana jumlah penduduk Papua sekitar 963 ribu jiwa sedangkan Papua Nugini sebanyak 8,6 juta jiwa pada tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: