Tanaman Sawit, Mulai Batang hingga Buah Dapat Dimanfaatkan

Tanaman Sawit, Mulai Batang hingga Buah Dapat Dimanfaatkan

Tanaman Sawit, Mulai Batang hingga Buah Dapat Dimanfaatkan--

RADARMUKOMUKO.COM – Sawit termasuk Jenis palem paleman masuk kedalam family Arecaceae atau disebut juga dengan Elaeis Guinensis.

Sawit merupakan tumbuhan yang mengandung minyak nabati tertinggi dari tumbuhan lainnya, tumbuhan ini memiliki buah yang bewarna hitam dan daging buahnya bewarna hijau jika muda dan akan bewarna merah jika sudah matang.

Tapi perlu di ketahui juga ada jenis yang memang buahnya bewarna merah ya, jadi sebaiknya di cek terlebih dahulu sebelum memanen.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Minyak Goreng yang Kotor, Praktis Cukup Pakai Bahan Dapur Ini

BACA JUGA:5 Pahlawan Nasional dari Tanah Papua dan Perannya untuk Bangsa Indonesia Sejak Era Kemerdekaan

Sawit merupakan tumbuhan berakar serabut, batangnya tidak memiliki cambium, batangnya juga tidak bercabang. Memiliki daun dengan susunan majemuk, memiliki bunga jantan dan betina, merupakan pohon yang berbuah dan memiliki biji.

Dari sekian banyak sawit di Indonesia adakah yang tahu ternyata buah sampai ke batangnya pun dapat di olah loh, penasaran bukan? mari kita cari tahu bersama.

1. Pohon sawit

Pohon kelapa sawit adalah bahan dasar furnitur. Batang/pohon sawit hasil replanting biasanya dimanfaatkan sebagai papan laminasi atau Sandwich Laminated Lumber (SLL) yang di olah menjadi panel lantai, dinding, pengemas, furnitur, dan banyak lainnya.

2. Janjang Kosong

Diolah sebagai kompos maupun menjadi pupuk organik karena kandungan kalium (K) yang sangat penting dalam pertumbuhan kelapa sawit itu sendiri.

3. Pelepah dan Daun

Pelepah dan daun kelapa sawit sering dianggap tak penting dan berakhir hanya sebagai limbah tetapi banyak manfaatnya loh, pelepah dan daun kelapa sawit berpotensi besar jika di olah  sebagai bahan kompos.

4. Sabut dan Cangkang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: