Kekurangan Buffer Stock, Bantuan Sosial untuk 327 KK Terdampak Banjir di Mukomuko Belum Menyeluruh

Kekurangan Buffer Stock, Bantuan Sosial untuk 327 KK Terdampak Banjir di Mukomuko Belum Menyeluruh

Kekurangan Buffer Stock, Bantuan Sosial untuk 327 KK Terdampak Banjir di Mukomuko Belum Menyeluruh --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO telah melakukan pendataan dan menetapkan 327 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir pada peristiwa bencana alam banjir tanggal 14 Agustus 2023 lalu. 

Tindak lanjut dari peristiwa banjir tersebut, Pemkab Mukomuko telah melaksanakan upaya pemetaan potensi, sebab akibat serta menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak. 

Namun dalam pelaksanaannya, belum seluruh warga terdampak banjir tersentuh bantuan. Hal wajar, lantaran persediaan buffer stock bencana alam pada dinas terkait tidak mencukupi. 

BACA JUGA:Polres Mukomuko Uji Coba Budidaya Bawang Merah di Lahan Gambut

Meski demikian, Pemkab Mukomuko melalui dinas terkait masih berupaya mencari solusi lain, agar semua warga terdampak banjir dapat tersentuh bantuan pemerintah. 

Kondisi ini diakui oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Mukomuko Pitriyani Ilyas. Menurut Pitriyani, bantuan sosial dari Pemkab Mukomuko untuk para korban banjir medio Agustus lalu baru dapat diserahkan kepada 140 KK. Cukup beralasan, kata Pitriyani, buffer stock bencana alam yang tersedia pada dinasnya tidak mencukupi untuk menutupi secara keseluruhan. 

‘’Kondisinya demikian, buffer stock pangan kita tidak mencukupi. Untuk sementara, bantuan Pemkab baru menyentuh 140 KK korban banjir,’’ ungkapnya. 

Penyerahan bantuan sosial untuk 140 KK ini langsung oleh Bupati Mukomuko bersama Ketua TP PKK Mukomuko bertempat di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko. 

‘’Terbanyak di Desa Pondok Batu, bagi warga terdampak sudah diberikan bantuan,’’ imbuhnya. 

BACA JUGA:Polri Lestarikan Negeri, Polres Mukomuko Tanam Seribu Pohon

Pitriyani menyampaikan, bagi warga terdampak banjir yang belum mendapatkan sentuhan bantuan sosial Pemkab, masih dalam diupayakan. 

‘’Bagi warga yang belum, kami dari dinas masih berupaya minta petunjuk dan arahan atasan. Harapan kami, semuanya dapat mencicipi bantuan,’’ ujarnya. 

Berdasarkan rekap laporan bencana Pusdalops PB Kabupaten Mukomuko. Sebanyak 327 KK terdampak banjir tersebut tersebar di 7 wilayah kecamatan. 

Di Kecamatan Teras Terunjam, Desa Pondok Kopi sebanyak 49 KK, Desa Tunggal Jaya 15 KK dan Desa Teruntung 7 KK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: