Cegah DBD, Puskesmas Air Manjuto Bakal Bagikan Abate

Cegah DBD, Puskesmas Air Manjuto Bakal Bagikan Abate

Kepala Puskesmas Air Manjuto memberikan penjelasan cara mencegah penyakit DBD --

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM – Dalam upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan AIR MANJUTO menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral Se-Kecamatan AIR MANJUTO. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kecamatan AIR MANJUTO. Pada Senin (21/8). Dimana Rakor tersebut telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Pertama setiap Jumat seluruh instansi dan masyarakat wajib mengadakan kebersihan serentak di kantor serta rumah masing-masing. Kemudian UPTD Puskesmas AIR MANJUTO akan membagikan Bubuk Abate ke rumah dan perkantoran yang mempunyai kolam ataupun genangan. Bubuk Abate merupakan obat pembasmi larva nyamuk pembawa penyakit DBD atau malaria.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Air Manjuto, Sugiyanto, S.Pd. Kapolsek Lubuk Pinang, AKP Teguh Budiyanto, SE, Danramil 428-01 Mukomuko, Kapten Infanteri Yulga Mahendri. Kemudian para kepala desa dan perwakilan dari seluruh instansi Se-Kecamatan Air Manjuto serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Dua Warga Pauh Terenja Positif DBD

Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Air Manjuto, dr. Oscar Pane, saat dikonfirmasi mengatakan, Rakor Lintas Sektor merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada setiap bulan. Kemudian karena saat ini sedang marak terjadinya DBD, maka Rakor kali ini dibahas mengenai upaya pencegahan terjadinya DBD di Kecamatan Air Manjuto. Pasalnya pemberantasan sejak dini lebih baik dilakukan secepat mungkin. Sehingga meminimalisir adanya korban DBD di Kecamatan Air Manjuto. Karena sejauh ini belum ada warga Air Manjuto yang terserang DBD.

“Pada Rakor tersebut kita membahas beberapa upaya mencegah terjadinya DBD di wilayah Kecamatan Air Manjuto,” tutur Oscar.

Masih Oscar, maka setiap Jumat nantinya masing-masing rumah dan perkantoran diinstruksikan supaya mengeringkan genangan air, merapikan barang-barang yang tertumpuk dalam waktu lama. Karena hal tersebut berpotensi menjadi sarang nyamuk. Kemudian bagi rumah ataupun perkantoran yang mempunyai kolam tergenang akan diberikan bubuk Abate untuk membasmi larva nyamuk. 

BACA JUGA:Cegah DBD, Asrama Polres Mukomuko Disemprot Insektisida

“Kalau kebersihan tidak dilakukan secara serentak, maka nyamuk  di rumah yang belum dibersihkan akan kembali menyebar,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk itu semoga apa yang telah disepakati secara bersama dapat dijalankan dengan komitmen. Sehingga upaya ini tidak berjalan dengan sia-sia. Dengan harapan kedepannya tidak ada masyarakat khususnya di Air Manjuto yang terserang DBD. 

“Harapan kita upaya ini membuahkan hasil yang positif. Sehingga tidak ada yang menjadi  korban DBD,”Tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: