Sering Minum Kopi? Inilah Mitos dan Fakta yang Ada Saat Meminum Kopi

Sering Minum Kopi? Inilah Mitos dan Fakta yang Ada Saat Meminum Kopi

Sering Minum Kopi? Inilah Mitos dan Fakta yang Ada Saat Meminum Kopi--

RADARMUKOMUKO.COM - Kopi adalah minuman yang mempunyai ciri khas berwarna hitam pekat dan bearoma menarik merupakan hasil seduhan dari bubuk Kopi yang telah melewati berbagai proses pengolahan, baik menggunakan tangan maupun mesin.

Proses tersebut mulai dari penyemaian, penanaman, perawatan, pemupukan, pemetikan (panen), pengeringan (dijemur), penggrintingan (proses penggilingan dari gelondongan menjadi biji), penyangraian (manual dan menggunakan mesin) dan yang terakhir adalah pengahalusan dari biji hingga menjadi bubuk halus serta siap diseduh.

BACA JUGA:Cara Gampang Download Lagu di YouTube Menjadi Format MP3 Tanpa Aplikasi, Bisa Via Handphone

Tanaman kopi telah dibudayakan lebih dari 50 negara, termasuk Indonesia yang telah memproduksi hingga 400 ribu ton pertahunnya.

Secara umum, terdapat dua jenis pohon kopi yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabika). Kopi merupakan salah satu komoditas sumber pendapatan bagi petani kopi sendiri maupun sumber devisa, penghasil bahan baku industri, maupun penyedia lapangan kerja melalui kegiatan pengolahan, pemasaran dan perdagangan (eskpor dan impor).

Masyarakat Indonesia memliki kebiasaan suka ngumpul-ngumpul dan menikmati minuman kopi secara bersama-sama.

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda yang Bikin Orang Bingung

Selain itu juga, kopi dinikmati pada pagi hari setelah bangun tidur, selepas makan pada siang dan malam hari serta pada acara formal, informal hingga tradisi religi.

Kopi yang begitu melekat dengan kehidupan masyarakat baik dari kalangan masyarakat biasa maupun masyarakat kelas atas.

Kopi yang sangat digemari tersebut ternyata memiliki berbagai mitos yang beredar di kalangan masyarakat dan menyimpang jauh dari fakta yang sebenarnya. Berikut adalah mitos dan fakta seputar kopi :

· Mitos: Konsumsi kopi dapat membuat tubuh menjadi kecanduan.

· Fakta: Mengkonsumsi kopi dalam takaran wajar tidak akan membuat kita menjadi kecanduan. Namun hal ini bisa terjadi jika konsumsi dalam sehari sekitar 200-300 mg atau sekitar dua hingga tiga gelas dalam sehari.

· Mitos: Menyebabkan Insomnia.

· Fakta: Kafein tidak memiliki keterkaitan dengan insomnia yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti depresi, efek obat-obatan, kecemasan yang berlebihan dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: