8 Suku Masyarakat Asli Sumatera Utara, Suku Mandailing Menolak Disebut Orang Batak Tapi Berdiri Sediri

8 Suku Masyarakat Asli Sumatera Utara, Suku Mandailing Menolak Disebut Orang Batak Tapi  Berdiri Sediri

Sukudi Sumatera Utara yang terkenal-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

 

RADARMUKOMUKO.COM – Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) terdiri dari beberapa suku, setidaknya ada 8 suku asli Sumut yang cukup dikenal. 

Penduduk Sumatera Utara menurut golongan etnis terdiri dari penduduk asli Sumatera Utara, penduduk asli pendatang dan penduduk asing. Yang termasuk penduduk asli ialah, suku Melayu, Batak Karo, Simalungun, Fak-fak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias. 

Golongan pribumi pendatang adalah suku, Jawa, Sunda, Bali, Ambon, Minahasa, Banjar, Palembang, Riau, Minangkabau dan lain-lain, sedangkan penduduk asing adalah orang-orang Arab, India, Cina dan bangsa-bangsa lain. 

Susunan masyarakat di daerah Sumatera Utara adalah berdasarkan genealogis-teritorial atau suatu keturunan daerah dan wilayah, misalnya suku Batak Toba, Mandailing dan Nias. 

BACA JUGA:Anak-Anak Sudah Dipaksa Dewasa, Suku Mangaia Terapkan Kehidupan Bebas Banyak Pasangan

BACA JUGA:Kisah Istana Negara, Dulunya Milik Orang Belanda, Kini Menjadi Pusat Indonesia

Sedangkan di wilayah Sumatera Timur atau Melayu adalah berdasarkan teritorial. Bila ditinjau dari kekerabatan dari segi garis keturunannya, maka suku Batak dan Nias adalah patrinileal yaitu garis keturunan yang dipandang dari garis keturunan Batak, dan suku Melayu adalah parental, yaitu garis keturunan yang dipandang dari kedua belah pihak, bapak dan ibu. 

Kelompok kekerabatan Nias disebut Sangabato yakni keluarga batih dan keluarga luas yang disebut sangabato sehua. Gabungan dari sangabato sehua dari satu leluhur disebut mado yang dapat disamakan dengan marga pada suku Batak, yakni klen besar patrilokal.

Pada dasarnya, orang Sumatera Utara umumnya dikenal dengan orang Batak, namun ternyata ada suku di Sumatera Utara menolak disebut atau disamakan dengan suku batak. 

Suku di Sumatera Utara semuanya terkenal, ini tidak lepas dari besarnya peran sumatera utara di Indonesia, juga karena orang sumatera utama banyak yang merantau. Mereka bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia.

Berikut 8 suku asli Sumatera Utara dilansir dari berbagai sumber: 

1. Suku Batak Karo

BACA JUGA:Pemblokiran Laut Oleh Belanda Setelah Kemerdekaan, Hingga Pecahnya Pertempuran Laut Sibolga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: