Pintu DI Manjuto Kiri Ditutup

Pintu DI Manjuto Kiri Ditutup

Ketua Komisi Irigasi Menutup pintu air DI Air Manjuto Kiri --

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM – Pada Rabu (16/8) pintu air Daerah Irigasi (DI) Manjuto Kiri ditutup. Sehingga petani di Musim Tanam (MT) 3 tahun 2023 memasuki jadwal palawija. Jadwal pengeringan akan berlangsung selama empat bulan, yakni sampai dengan 15 Desember 2023. Penutupan ini merupakan kesepakatan bersama seluruh pihak terkait. Dan telah ditetapkan oleh Komisi Irigasi (KI) Kabupaten Mukomuko melalui keputusan bupati. 

Adapun luas lahan padi DI Manjuto kiri, yaitu 714 Hektare (Ha). Dari luas tersebut 150 Ha diantaranya sedang ditanami padi. Umur tanaman bervariasi antara 8-112 hari. Penutupan pintu DI kiri sudah sejak lama diinformasikan kepada petani. Kemudian untuk DI Manjuto Kanan, akan dibuka kembali pada 15 September mendatang. Untuk itu petani DI Manjuto Kanan diimbau supaya segera bersiap memasuki musim tanam padi. 

BACA JUGA:Perlombaan HUT RI di Selagan Raya, Prioritaskan Pelajar

Ketua KI Kabupaten Mukomuko, sekaligus Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Mukomuko, Gianto, SH, M.Si, mengatakan, bahwa pengeringan DI  Manjuto Kiri pada MT 3 tahun ini sudah melalui kesepakatan dan sesuai regulasi. Maka diharapkan para petugas penyuluh pertanian supaya mendorong petani memanfaatkan kondisi ini untuk menanam palawija. Sehingga para petani tetap produktif memanfaatkan lahan. 

“Pada MT 3 tahun ini, DI Manjuto kiri disepakati jadwal pengeringan. Sehingga para petani diarahkan melakukan tanam palawija,”tutur Gianto.

Selain para petani, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga diharapkan bisa memanfaatkan jadwal pengeringan. Misalnya seperti melakukan perbaikan irigasi tersier, normalisasi jaringan dan lainnya. Sehingga jadwal pengeringan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Kemudian diharapkan juga kedepannya jadwal pengeringan bisa semakin disinergikan oleh pemangku kebijakan terkait.

BACA JUGA:Seluruh Wilayah Desa Lubuk Sanai Bakal Difogging

“Kita harapkan seluruh aktivitas pembangunan yang berkaitan dengan irigasi bisa mempedomani jadwal pengeringan. Sehingga tidak ada penambahan jadwal pengeringan,”ungkapnya. 

Masih Gianto, adapun jadwal pembukaan pintu air DI Manjuto kanan akan dilaksanakan pada 15 September mendatang. Maka diimbau juga para petani di DI Kanan supaya bersiap melakukan tanam padi di MT 3. Sehingga jadwal tanam bisa serentak seperti yang sama-sama diharapkan. 

“Semoga kedepannya petani bisa tanam padi serentak. Sehingga saat dilakukan pengeringan tidak ada petani yang terlambat turun tanam,”tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: