Bangkitkan Jiwa Patriotisme, Bandar Jaya Gelar Upacara Sendiri

Bangkitkan Jiwa Patriotisme, Bandar Jaya Gelar Upacara Sendiri

Bangkitkan Jiwa Patriotisme, Bandar Jaya Gelar Upacara Sendiri--

TERAMANG JAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya, melaksanakan upacara bendera, dalam rangka HUT RI ke-78, Kamis (17/8). Bertempat di lapangan sepak bola  Desa setempat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kades Bandar Jaya, Marjuni. Petugas pengibar bendara merupakan santri Pondok Pesantren Raudatun Najah. Sedangkan petugas lainnya, gabungan antara perangkat Desa, Linmas, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Peserta upacara, selain pelajar, juga masyarakat umum. Upacara HUT RI ini merupakan yang pertama di Bandar Jaya, selama dipimpin oleh Marjuni. Salah satu tujuan melaksanakan upacara terpisah dari kecamatan adalah untuk membangkitkan jiwa patriotism warga Bandar Jaya.

Kepada wartawan Koran ini, Marjuni menyampaikan, selama ini pelajar yang ada di Bandar Jaya, Kades, perangkat desa, dan lembaga lainnya mengikuti upacara di tingkat kecamatan. Tahun ini Bandar Jaya melaksanakan upacara sendiri. Ada beberapa pertimbangan, diantaranya adalah keselamatan warga. Pasalnya jarak Bandar Jaya dengan kantor camat cukup jauh. Pertimbangan lain, jumlah warga yang ikut upacara terbatas. Selanjutnya muncul ide untuk mengadakan upacara sendiri. Akhirnya disepakati Bandar Jaya melaksanakan upacara bendera sendiri. 

BACA JUGA:Perlombaan HUT RI di Selagan Raya, Prioritaskan Pelajar

‘’Tahun kemarin, ada warga Bandar Jaya, hampir mengalami kecelakaan lalulintas, saat pulang dari mengikuti upacara di kecamatan,’’ ujar Marjuni.

Marjuni juga menyampaikan, setelah mengadakan upacara sendiri, warga begitu antusias. Bukan hanya datang untuk ikut upacara, warga juga menampilkan berbagai kreativitasnya. Warga yang selama ini tidak pernah ikut upacara, ikut hadir. 

‘’Alhamdulillah warga antusias ikut upacara,’’ tambah Marjuni.

Hal senada disampaikan Sekdes Bandar Jaya, Jayadi Adha. Ia mengatakan pada awal kepemimpinan Nursalim sebagai Kades, Bandar Jaya juga mengadakan upacara sendiri. Ketika itu, upacara dipusatkan di Kantor Camat Pondok Suguh. Setelah upacara di halaman Kantor Camat Teramang Jaya, pihak kecamatan meminta agar bergabung. Sejak saat itu, Bandar Jaya tidak pernah mengadakan upacara sendiri. Baru kemarin, dimulai lagi mengadakan upacara sendiri. Besar kemungkinan, akan terus dilakukan pada masa yang akan datang. 

BACA JUGA:Ketua Kwarcab Mukomuko Hadiri Perkemahan di SDN 01 Air Manjuto

‘’Dengan upacara sendiri, kreativitas warga kelihatan. Upacara HUT RI untuk penting untuk membangkitkan jiwa patriotisme,’’ kata Jayadi.

Camat Teramang Jaya, Dedi Fadly, S.Kom mengatakan, dari 13 desa yang ada di kecamatan ini, hanya Bandar Jaya, yang melaksanakan upacara sendiri. Jauh dari sebelumnya, pihak desa sudah menyampaikan informasi. Dedi mengatakan, pada dasarnya, ia ingin upacara terpusat pada satu titik di halaman kantor camat. Jika semua desa melaksanakan upacara sendiri, maka upacara di kecamatan kurang meriah. 

‘’Saya ingin, upacara terpusat di kantor camat. Ketika ada yang ingin melaksanakan upacara sendiri, kami tidak bisa melarang,’’ demikian Dedi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: