Perlombaan HUT RI di Selagan Raya, Prioritaskan Pelajar

Perlombaan HUT RI di Selagan Raya, Prioritaskan Pelajar

Perlombaan HUT RI di Selagan Raya, Prioritaskan Pelajar--

SELAGAN RAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT RI. Mulai dari memasang bendera merah putih, umbul-umbul, lampu hias, hingga menggelar berbagai lomba. Mulai dari tingkat Rt, dusun, desa, kecamatan hingga kabupaten. Di Kecamatan Selagan Raya, lomba-lomba yang dilaksanakan diutamakan untuk kalangan pelajar. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama, hingga sekolah lanjutan tingkat atas. Kegiatan dimulai pada Senin (14/8) dan akan berakhir hari ini, Rabu (16/8), pawai pelajar. Puncak acara upacara bendera di halaman kantor camat. Sebagaimana disampaikan oleh Camat Selagan Raya, Wahyuana, S.IP kemarin.

Wahyuana menjelaskan, sesuai dengan hasil kesepakatan panitia HUT RI ke-78, kegiatan lebih diutamakan untuk para pelajar. Banyak hal yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah, pelajar merupakan generasi penerus. Oleh karena itu, sangat penting menanamkan sikap patriotisme. Yakni sikap cinta tanah air yang ditunjukkan melalui rela berkorban dan tidak mudah menyerah dalam membela bangsa dan negara. 

BACA JUGA:Tumbuhkan Semangat Patriotisme Anak

‘’Pelajar saat ini merupakan harapan kita masa yang akan datang. Kita perlu menanamkan rasa cinta tanah air,’’ jelas Wahyuana. 

Dikatakan camat, untuk tingkat PAUD, digelar lomba mewarnai. Lomba dilaksanakan pada Senin 14 Agustus, di gedung Posyandi, Desa Sungai Ipuh. Tingkat SD dan SMP diadakan lomba cerdas cermat, pada Selasa 15 Agustus, bertempat di SDN 02 Selagan Raya. Ada juga lomba pidato ala Bung Karno, pesertanya mulai dari SD, SMP, dan SMA bertempat di aula kantor camat, pada Rabu 16 Agustus.

‘’Sebelum lomba pidato ala Bung Karno, ada pawai pelajar. Star di lapangan sepak bola Desa Pondok Baru, finis di lapangan sepak bola Sungai Gading,’’ tambah Wahyuana. 

BACA JUGA:28 Rumah di Tirta Makmur dan Tirta Mulya Terendam Banjir

Masih Wahyuana, untuk peserta upacara terdiri dari Kades dan perangkat desa. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pelajar PNS, Perlindungan Masyarakat (Linmas) serta lembaga yang ada di desa. Dari 12 desa yang ada di Selagan Raya, upacara bendera terpusat di halaman kantor camat. Dengan kata lain, tidak ada desa yang menyelenggarakan upacara bendera sendiri.

‘’Di Kecamatan Selagan Raya ini, upacara HUT RI di satu tempat. Halaman kantor camat,’’ demikian Wahyuana.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: