Rumah Warga Sumber Makmur ‘Dilahap Sijago Merah’

Rumah Warga Sumber Makmur ‘Dilahap Sijago Merah’

Rumah Warga Sumber Makmur ‘Dilahap Sijago Merah’--

Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 150 Juta 

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM – Satu unit rumah di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lubuk Pinang, milik Miskanto (50) ludes dilahap sijago merah. Peristiwa kebakaran terjadi pada Selasa (15/8) sekitar pukul 06.30 WIB. Adapun dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya konsleting listrik dari salah satu kamar. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 150 juta. Pasalnya seluruh isi rumah seperti perabotan, barang berharga dan surat-surat penting tidak sempat diselamatkan. Adapun yang selamat hanya bagian dapur dan dua unit sepeda motor yang sedang terparkir di luar rumah.

BACA JUGA:28 Rumah di Tirta Makmur dan Tirta Mulya Terendam Banjir

Kades Sumber Makmur, Hadi Sulistiyo, membenarkan hal tersebut, bahwa rumah salah satu warganya Miskanto terbakar. Ia juga menyebutkan bahwa saat ini Miskanto bersama sang istri Siti Huzaiman (55) sedang merantau ke Kalimantan. Dan yang menghuni rumah tersebut yaitu anaknya yang baru menikah beberapa bulan lalu Dwi (21) bersama sang suami. Adapun kronologi terjadinya peristiwa kebakaran, ketika itu Dwi sedang mencuci di kamar mandi. Kemudian ia mendengar suara ledakan dari kamar milik orang tuanya. Mendengar suara tersebut, warga sekitar langsung berdatangan dan Dwi juga langsung mengecek lokasi suara berasal. Dan terlihatlah bagian plafon kamar orang tuanya sudah terbakar. 

“Dugaan sementara api berasal dari konsleting listrik. Sebab suara dentuman yang terdengar dari atas pelafon rumah,”ungkap Kades.

Lanjut Kades, sebelum mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kecamatan Lubuk Pinang datang, warga juga telah mencoba memadamkan api. Namun karena api cepat merambat, sehingga seisi rumah tidak sempat diselamatkan. Saat api berhasil dipadamkan, yang tersisa hanya bagian atap dan dinding rumah serta bagian dapur. Beruntung saat kejadian motor korban berjumlah dua unit sedang terparkir di luar rumah sehingga tidak ikut terbakar. 

“Mobil damkar cepat datang, tapi karena api juga cepat membakar yang tersisa atap dinding dan dapur. Dan dinding ini dirobohkan saat evakuasi tadi,”kata Kades.

BACA JUGA:Tumbuhkan Semangat Patriotisme Anak

Kapolsek Lubuk Pinang, AKP Teguh Budiyanto, SE saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa ia juga telah turun langsung ke lokasi kejadian. Setelah melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (OTKP) dugaan sementara penyebab kebakaran memang dari arus pendek yang menyebabkan konsleting listrik. Pasalnya diduga ada kabel listrik tidak standar yang sudah lama dipasang di rumah tersebut. Sehingga saat terkena panas aliran listrik, kabel tersebut meleleh dan menyebabkan kebakaran.

Untuk itu, Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya wilayah hukum Polsek Lubuk Pinang, untuk tetap waspada dan berhati-hati. Pastikan seluruh kabel listrik dalam kondisi baik.  Kemudian cabut seluruh colokan listrik saat tidak digunakan apalagi ketika sedang tidak di rumah. 

“Kita langsung turun ke lokasi kejadian. Perkiraan kita, kerugian dalam peristiwa tersebut sekitar Rp 150 juta,”demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: