Perdana, Karang Taruna Budi Daya Gelar Ponlu Cup U-15

Perdana, Karang Taruna Budi Daya Gelar Ponlu Cup U-15

PERDANA: Pertandingan perdana pada turnamen perdana Ponlu Cup U-15, Jumat (11/8)--

AIR DIKIT, RADARMUKOMUKO.COM – Untuk yang pertamakalinya Karang Taruna Budi Daya, Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, menggelar turnamen sepak bola kelompok umur. Diberi nama Ponlu cup Under 15 (U-15). Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78, tahun 2023. Panitia menyiapkan total hadiah Rp7 juta. Dengan rincian juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp3,5 juta, juara II Rp1,5 juta, juara III Rp1 juta, juara IV Rp500 ribu. Pemain terbaik dan top skor, masing-masing mendapat Rp200 ribu. Turnamen ini diikuti oleh 16 tim terbaik se-Kabupaten Mukomuko. Turnamen menggunakan sesitem gugur. Tim terbagi menjadi dua pool, A dan B. Turnamen dibuka secara resmi oleh Camat Air Dikit, Iskameri, S,Pd, M.Si, Jumat (11/8). Partai final akan digelar pada Kamis, bertepatan dengan puncak HUT RI ke-78. Seluruh pertandingan digelar di lapangan sepak bola, Desa Pondok Lunang pada sore hari. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Karang Taruna, Alhidayat, S.Pd, Minggu (13/8).

Dayat, sapaan akrab Alhidayat, menjelaskan selain untuk memeriahkan HUT RI, tujuan turnamen ini adalah sebagai wadah bagi pemain sepak bola U-15. Ia mengatakan, di Kabupaten Mukomuko, masih sangat minim turnamen kelompok umur. Sehingga pembinaan bibit muda belum optimal. Disisi lain, banyak Sekolah Sepak Bola (SBB) yang selama ini sudah aktif. Dengan adanya turnamen ini, diharapkan akan semakin banyak SSB di Mukomuko, yang pada akhirnya melahirkan atlet sepak bola berprestasi.

BACA JUGA:Toilet Salah Desain Letak Jambannya nyeleneh Abis, Netizen: Buang Hajat Sambil Mandi

‘’Di Mukomuko sudah banyak SSB, termasuk di Pondok Lunang. Dengan adanya turnamen ini, semangat berlatih adik-adik akan meningkat,’’ jelas Dayat.

Dayat juga menyampaikan, turnamen ini menjadi uji coba. Jika berhasil dan berjalan lancar, akan dijadikan agenda tahunan. Setiap tahun, Pondok Lunang juga menggelar turnamen sepak bola kelompok dewasa. Tahun ini, telah digelar Pondok Lunang Cup XXIII. 

‘’Ada rencana Ponlu Cup U-15 menjadi agenda tahunan. Tapi itu akan dibahas setelah turnamen ini selesai,’’ tambah Dayat.

BACA JUGA:Menangis Tersedu Sedan Mahasiswa KKN Unram Tetap Disusir Warga Desa, Dimedsos Katakan Ini

Camat Air Dikit, Iskameri, saat membuka turnamen menekankan, agar pemain menjunjung sportivitas dan mengedepankan fair play, atau bermain adil. Selain itu, camat juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Karang Taruna Budi Daya. Dengan menggelar turnamen U-15, maka karang taruna telah berpikir panjang mengenai pembinaan sepak bola di Mukomuko. Pasalnya dari turnamen seperti inilah akan lahir atlet berprestasi. Dalam jangka panjang, camat berharap akan lahir atlet sepak bola yang bisa mengharumkan nama Mukomuko. Bukan hanya di kancah nasional, tapi juga internasional. Dikatakan camat, semakin banyak turnamen semakin bagus untuk mengasah bakat anak-anak remaja.

‘’Turnamen U-15 sangat bagus sekali untuk pembinaan atlet muda. Mudah-mudahan turnamen seperti ini banyak digelar desa-desa lain,’’ demikian Iskameri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: