Perayaan HUT RI Bangkitkan Semangat Persatuan dan Pengorbanan

Perayaan HUT RI Bangkitkan Semangat Persatuan dan Pengorbanan

BERKORBAN: Warga menyumbang 1 truck koral untuk menimbun jalan yang becek.--

AIR MANJUTO, RADARMUKOMUKO.COM – Dalam rangka merayakan HUT RI ke-78 masyarakat ramai-ramai mempercantik desa masing-masing. Selain memasang bendera merah putih dan umbul-umbul, masyarakat bergotong-royong memberihkan lingkungan. Tidak sekedar meluang waktu dan tenaga, masyarakat juga rela merogoh kocek demi meriahnya perayaan HUT RI. Tidak terkecuali warga Rt V, Dusun II, Desa Sido Makmur, Kecamatan Air Manjuto. Selama satu minggu terakhir mereka bersama-sama gotong-royong. Mulai dari mencari kayu, membuat dan memasang di seluruh jalan lingkungan serta mengecat patok. Semua dilakukan bersama. Ada juga warga yang menyumbang koral untuk menimbun jalan lingkungan yang rusak.

BACA JUGA:BPD Brangan Mulya Belum Melaksanakan Memo Bupati

Ketua Rt V, Sahad, menyampaikan, gotong-royong bukan hanya dilakukan oleh bapak-bapak, tapi juga oleh ibu-ibu. Dan juga para remaja. Semangat warga memeriahkan HUT RI tahun ini, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Inilah yang bisa dilakukan sebagai bentuk cinta tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Demi meriahnya perayaan HUT RI, mereka rela meninggalkan rutinitas pekerjaan.

‘’Tahun-tahun sebelumnya, warga hanya pasang bendera merah putih. Itu saja tidak semua. Tahun ini semua sudah pasang bendera plus umbul-umbul, dan patok. Itu semua dilakukan secara bersama-sama,’’ sampai Sahad.

BACA JUGA:Kadus II Desa Lubuk Gedang Dilantik

Selain itu, warga juga warga mengadakan berbagai perlombaan. Baik lomba tingkat desa, maupun tingkat Rt. Diharapkan semangat ini akan terus dijaga dan ditingkatkan setiap tahun. Dengan adanya kebersamaan ini, secara langsung atau tindak langsung, menularkan semangat cinta NKRI kepada generasi penerus. 

‘’Saat kerja bhakti, banyak anak-anak yang ikut. Secara tidak langsung, kita mengajarkan kepada anak-anak, pentingnya kebersamaan. Juga menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air,’’ tambahnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: