Perdana, Tanah Harapan Salurkan Bantuan RTLH

Perdana, Tanah Harapan Salurkan Bantuan RTLH

Penyaluran Bantuan Rumah Tidak Layak Huni, Tanah Harapan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – 9 Agustus 2023, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanah Harapan, Kecamatan Kota Mukomuko, menyalurkan bantuan kepada 2 keluarga pemilik Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program ini baru kali ini direalisasikan, rencananya akan berkelanjutan. Sumber dana berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2023. Penerima bantuan RTLH yaitu keluarga Ricko Candra, warga Dusun 1 dan Rusli Amran, warga Dusun 2. Masing-masing merupakan pekerja buruh lepas. bantuan berupa material senilai Rp10 Juta untuk satu keluarga. Material berupa, semen, batu, sen dan yang lainnya sesuai permintaan yang bersangkutan. Sedangkan untuk pembangunan diserahkan kepada pemilik rumah. Penyaluran bantuan RTLH dihadiri Camat Kecamatan Kota Mukomuko, Pendamping Desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Ketua Karang Taruna, dan beberapa masyarakat.

Kepala Desa Tanah Harapan, Bujarman, menyampaikan bahwa penerima bantuan RTLH adalah keluarga yang kurang mampu, yang rumahnya dinilai tidak layak lagi untuk dihuni. Berdasarkan pemantauan dari Pemdes bersama BPD. Sebenarnya masih banyak keluarga yang menghuni RTLH di Tanah Harapan. Karena keterbatasan anggaran dan ada program lain yang harus direalisasikan, sehingga untuk tahun ini hanya 2 keluarga.

BACA JUGA:Pemdes Resno Tuntaskan Fisik 2023

‘’Sebenarnya masih banyak yang layak menerima bantuan ini, namun kami dibatasi anggaran,’’ungkap Bujarman.

Bujarman mengatakan akan melakukan musyawarah desa untuk memasukan program bantuan RTLH pada tahun 2024. Agar Pemdes dapat membantu masyarakat secara bertahap. Sehingga beban masyarakat kurang mampu dapat terbantu. Bujarman juga menyampaikan alasan Pemdes memberikan bantuan berupa material, agar pemilik rumah dapat segera membangun.

‘’Saya harap program ini juga ada di tahun 2024, sehingga dapat membantu masyarakat,’’ujar Bujarman.

BACA JUGA:Perayaan HUT RI ke-78 di Pondok Panjang Mulai Terasa

Camat Kota Mukomuko, Yulia, S.E., M.SI., mengatakan sangat mendukung program bantuan RTLH. Ia mengatakan agar Pemdes lebih berhati-hati dalam memilih calon penerima, agar bantuan tepat sasaran. Kemudian ia juga berpesan untuk berhati-hati dalam merealisasikan program desa. Agar tidak ada permasalahan dikemudian hari.

‘’Saya sangat mendukung program ini, pesan saya berhati-hatilah. Jangan ada permasalahan dikemudian hari,’’kata Yulia

Saat diwawancarai wartawan koran ini, kedua penerima bantuan RTLH mengucapkan terimakasih kepada Pemdes. Dengan program ini, mereka dapat membangun rumah. Sebelumnya mereka pernah merencanakan akan bangun rumah. Namun karena pendapatan yang tidak tentu sebagai pekerja buruh lepas, membuat mereka mengurungkan niatnya.

‘’Sudah lama saya ingin membangun rumah, tapi belum ada rezeki,’’katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: