Lakukan 5 Trik Ini Agar Hafalan Alquranmu Tidak Muda Lupa

Lakukan 5 Trik Ini Agar Hafalan Alquranmu Tidak Muda Lupa

Lakukan 5 Trik Ini Agar Hafalan Alqur’anmu Tidak Muda Lupa-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Menghafal Al Qur'an adalah salah satu amalan yang sangat mulia dan bermanfaat bagi umat Islam. Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk menjaga hafalan Al Qur'an yang sudah mereka pelajari. Apalagi di tengah kesibukan dan tantangan zaman yang semakin beragam.

BACA JUGA:Suku Indian Penduduk Asli Amerika Yang Tersingkir dan Menjadi Budak

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga hafalan Al Qur'an agar tidak terasa berat dan mudah dilupakan? Berikut adalah 5 trik yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Niatkan hanya karena Allah SWT.

Niat adalah pondasi dari segala amal ibadah, termasuk menghafal Al Qur'an. Jika kita niatkan hanya karena Allah SWT, maka kita akan mendapatkan bantuan dan kemudahan dari-Nya. Allah SWT berfirman dalam QS Al Bayyinah ayat 5: "Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)."

2. Pilih sahabat yang senantiasa menghafal Al Qur'an.

Sahabat adalah orang-orang yang bisa mempengaruhi kita dalam hal baik maupun buruk. Oleh karena itu, pilihlah sahabat yang senantiasa menghafal Al Qur'an dan saling mengingatkan satu sama lain. Dengan begitu, kita akan termotivasi untuk terus belajar dan mengulang hafalan kita. Rasulullah SAW bersabda: "Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya."

3. Muroja'ah setiap habis salat.

Muroja'ah artinya mengulang pelajaran yang telah dihapalkan. Muroja'ah adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjaga hafalan Al Qur'an agar tidak hilang.

BACA JUGA:Sebelum Menikah, Wanita Harus Berjuang Mencari 20 Pria

Oleh karena itu, biasakanlah untuk muroja'ah setiap habis salat, baik itu satu juz, satu halaman, atau satu ayat sesuai dengan kemampuan kita. Dengan muroja'ah, kita akan semakin menguatkan ingatan kita terhadap hafalan Al Qur'an.

4. Baca hapalan dalam salat.

Salat adalah salah satu waktu yang paling baik untuk membaca Al Qur'an. Dalam salat, kita bisa menyelipkan hapalan kita di antara bacaan surat-surat pendek yang biasa kita baca.

Dengan begitu, kita akan semakin memperdalam makna dan kandungan ayat-ayat Al Qur'an yang kita hafal. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pahala dari membaca Al Qur'an dalam salat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: