Festival Danau Nibung Bakal Menyusul 2 Event Bengkulu Masuk Kharisma Event Nusantara

Festival Danau Nibung Bakal Menyusul 2 Event Bengkulu Masuk Kharisma Event Nusantara

Festival Danau Nibung Bakal Menyusul 2 Event Bengkulu Masuk Kharisma Event Nusantara--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI baru menetapkan 110 dari 291 usulan event unggulan provinsi se Indonesia ke dalam kategori Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023. 

Event KEN yang ditetapkan tersebut, 2 diantaranya merupakan event unggulan Provinsi Bengkulu, Festival Gurita asal Kabupaten Kaur dan Festival Tabut Kota Bengkulu. 

Kabar terbaru, Festival Danau Nibung yang merupakan event tahunan daerah Kabupaten Mukomuko juga dipersiapkan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu untuk diusulkan menjadi peserta KEN. 

BACA JUGA:Dinas Sosial Mukomuko Sosialisasi Kelayakan Penerima Bantuan Sosial

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Rizkan mengungkapkan, rencana usulan Festival Danau Nibung menjadi peserta KEN oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu tersebut disampaikan pada pelaksanaan pembukaan Festival Danau Nibung pada Sabtu pekan lalu. 

Rencana ini terlintas setelah menyaksikan secara langsung kemeriahan rangkaian kegiatan Festival Danau Nibung. Dimana, pada kegiatan festival ini benar-benar dikemas sedemikian rupa untuk membangkitkan ekonomi kreatif. 

BACA JUGA:Travel Minibus Asal Lubuk Mukti Mukomuko Laka di Tol Lampung, 10 Orang Korban

‘’Sesuai dengan konsep, Festival Danau Nibung ini tidak hanya mempromosikan sektor keindahan objek wisatanya. Akan tetapi lebih menonjolkan nilai ekonomi kreatifnya,’’ kata M. Rizon. 

Adapun sektor ekonomi kreatif yang paling menonjol pada rangkaian Festival Danau Nibung ini, pada rangkaian kegiatan lomba memasak samba lokan. Dikatakan M. Rizon, samba lokan merupakan kuliner khas daerah Mukomuko. 

‘’Jangan dilihat dari sisi lombanya, akan tetapi bagaimana samba lokan khas daerah Mukomuko ini lebih terkenal dan dicintai. Karena, samba lokan Mukomuko dikenal dengan cita rasa yang khas,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Pembangunan Pelabuhan CPO di Mukomuko Investasi Murni, Bupati Sampaikan Perkembangan Terbarunya

Terpisah, Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Merysah menuturkan bahwa samba lokan khas daerah Mukomuko memiliki cita rasa tersendiri, enak dan membangkitkan selera.

Dengan dituangkan lomba memasak samba lokan pada rangkaian acara Festival Danau Nibung, menurut Gubernur Rohidin, tujuan utamanya adalah menanamkan rasa kecintaan terhadap produk lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: