PT PLN Optimis Tuntaskan Proyek SUTT 150 Kv Tapan – Mukomuko

PT PLN Optimis Tuntaskan Proyek SUTT 150 Kv Tapan – Mukomuko

PT PLN Optimis Tuntaskan Proyek SUTT 150 Kv Tapan – Mukomuko --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – PT. PLN (Persero) melakukan upaya penambahan tim percepatan penyelesaian pemasangan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kv  Tapan – MUKOMUKO dan optimis awal tahun 2024 listrik Kabupaten MUKOMUKO terkoneksi dengan jaringan SUTT.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Pemkab Mukomuko dengan PT PLN UPP Sumbagteng 2 di ruang rapat Kantor Bupati Mukomuko, Senin, 24 Juli 2023.

Adapun komitmen PT. PLN terkait penambahan tim percepatan pemasangan jaringan ini, merupakan tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya, yang digelar di Grandika Hotel Blok M, Jakarta Pusat pada Senin, 5 Juli 2023.

BACA JUGA:Travel Minibus Asal Lubuk Mukti Mukomuko Laka di Tol Lampung, 10 Orang Korban

‘’Penambahan tim dari 4 menjadi 11 tim saat ini, bentuk komitmen dari PT PLN atas hasil rapat yang digelar di tingkat pusat beberapa waktu lalu. Dan PT. PLN optimis, jelang akhir 2023 semua jaringan dapat diselesaikan,’’ kata Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI. 

Dalam rapat koordinasi (rakor) Pemkab Mukomuko bersama PT PLN UPP Sumbagteng 2 dihadiri Ketua PN, Dandim 0428/MM, Kajari Mukomuko, Kapolres Mukomuko diwakili Kabag Ops, Asisten I, Kepala PD dan Kabag terkait serta Camat Air Manjuto.

BACA JUGA:Pemerintah Tabur Puluhan Ribu Bibit Ikan di Danau Nibung Mukomuko

Pihak PT PLN menyampaikan bahwa progres pelaksanaan pekerjaan jaringan SUTT Tapan – Mukomuko yang merupakan proyek strategis nasional tersebut telah mencapai angka 95 hingga 97 persen. Capaian progres pekerjaan cukup meyakinkan pelaksanaan pekerjaan dapat dikerjakan sesuai komitmen. 

Akan tetapi, kata Bupati Mukomuko, pihak PLN masih menemukan kendala dalam pelaksanaan pembangunan. Diakuinya, untuk pembangunan tower 344 di wilayah Kecamatan Air Manjuto, pihak PLN masih dihadapkan dengan persoalan lahan yang belum tuntas dibebaskan dari tangan pemilik Slamet Bintoro, warga Kecamatan Air Manjuto. 

Dengan demikian, Pemda bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mukomuko berupaya membantu memfasilitasi penyelesaian pembebasan lahan tersebut.  

BACA JUGA:Input OM SPAN 100 Persen, Bupati Mukomuko Minta Kegiatan DAK Fisik Maksimal

‘’Ada kendala di lokasi pembangunan tower 344, yang saat ini sedang dilakukan mediasi secara hukum oleh pihak Kejari Mukomuko. Mudah-mudahan, demi kepentingan umum, proses ini dapat dipermudah dan menemukan solusi terbaik,’’ ujar Bupati Sapuan. 

Perlu diketahui juga, kata Bupati Sapuan, sesuai dengan progres pekerjaan yang disampaikan, pihak PLN telah menyelesaikan pembangunan ratusan unit tower konektivitas jaringan Tapan – Mukomuko. Saat ini masih tersisa 5 unit tower lagi yang harus diselesaikan. Dengan penambahan tim kerja ini, cukup meyakinkan pekerjaan dapat dituntaskan sesuai target. 

‘’Dengan penambahan tim oleh pihak PLN ini, cukup meyakinkan pekerjaan dapat dituntaskan sesuai yang ditargetkan,’’ demikian Bupati Sapuan. Adv*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: