7 Rumah Adat Suku Paling Populer di Indonesia

7 Rumah Adat Suku Paling Populer di Indonesia

7 Rumah Adat Suku Paling Populer di Indonesia--

RADARMUKOMUKO.COM - Selain dikenal dengan tradisi, kebudayaan, ritual dan keseniannya yang unik, Suku Bangsa Nusantara, juga memiliki Rumah adat yang mengagumkan.

Rumah ada oleh suku-suku juga punya nama berbeda, termasuk pemanfaatannya. Diantara nama rumah adat yang sering di dengar, rumah besar, rumah gadang dan rumah utama dan lainnya.

Rumah adat suku-suku ini juga menjadi ikon sebuah daerah, hingga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan kemasyarakatan. 

BACA JUGA:2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 rumah adat paling populer di Indonesia:

1. Rumah Gadang

Rumah gadang semua sudah tahu merupakan rumah ada miliki minangkabau. Rumah gadang menjadi salah satu rumah adat yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Sesain dan bentuk rumah adat ini banyak digunakan sebagai desain rumah pribadi di minang, perkantoran dan rumah makan Padang, yang tersebar di hampir semua kota besar. 

Ciri khas dari rumah Gadang adalah bentuk atapnya yang melengkung, dengan ujung lancip. Gadang sendiri jika diartikan secara terpisah, memiliki arti besar atau megah. 

Sehingga tidak heran jika rumah adat yang satu ini memiliki ukuran yang besar. 

BACA JUGA:Suku Nuer, Menikahi Hantu dan Aturan Rumah Tangga Aneh

2. Rumah Adat Joglo

Bentuk arsitektur rumah ini sangat unik dan sarat akan nilai-nilai kebudayaan masyarakat Jawa. Dibangun dari kayu jati, menjadikan struktur rumah ini tahan lama dan juga kuat. 

Bangunan ini juga memiliki arsitektur unik yaitu berbentuk persegi panjang dengan atap rumah dibuat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: