2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera

2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera

2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera--

Seperti dikutip dari Antara, pendapat tersebut dikemukakan pada tahun 1973 dengan bukti berupa keberadaan manusia yang disebut dengan Kecik Wok Gedang Wok.

Bennet meyakini bahwa Kecik Wok Gedang Wok lebih tua dari Proto Melayu maupun Suku Inca di Amerika Selatan karena telah mendiami kawasan Gunung Kerinci sejak lebih dari 10.000 tahun lalu. 

BACA JUGA:Suku Nuer, Menikahi Hantu dan Aturan Rumah Tangga Aneh

Pasalnya, pemindahan Proto Melayu atau rumpun Polinesia dari Alam Melayu menuju pulau di Lautan Teduh sebelah timur dan pulau di Lautan Hindia sebelah barat baru terjadi pada tahun 4000 sebelum Masehi.

Lantaran kelompok Proto Melayu dinilai lebih dominan sehingga Kecik Wok Gedang Wok perlahan lenyap. Itu disebabkan oleh adanya percampuran darah antara kelompok pribumi dengan pendatang. 

Kelompok dari percampuran tersebut yang kemudian berkembang dan hadir sebagai nenek moyang masyarakat Kerinci modern.

Namun, hingga kini para ahli belum dapat memastikan apakah ras dari Kecik Wok Gedang Wok ini muncul akibat adanya percampuran darah dengan kelompok Proto Melayu.

BACA JUGA:Empat Suku Yang Sudah Punah, Diantaranya Sengaja Dibantai Habis

Tetapi, jika dilihat dari unsur linguistik penamaan daerah, beberapa kalangan percaya bahwa Kecik Wok Gedang Wok memiliki kedekatan ras dengan masyarakat India. 

Nama Kerinci sendiri berasal dari bahasa Tamil berarti bunga Kurinji yang tumbuh di India Selatan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa antara Kerinci dengan India terjalin sebuah hubungan sejak lama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: