2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera

2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera

2 Suku Tertua di Dunia, Salah Satunya di Sumatera--

RADARMUKOMUKO.COM - Untuk peradaban yang paling maju pada masa prasejarah, China dan Mesir cukup diakui dengan berbagai bukti sejarah yang ada. 

Namun ternyata peradaban kuno paling tua di dunia, menurut beberapa peneliti ada di Asia Tenggaran, yaitu Indonesia dan Australia.

BACA JUGA:Suku Trobriander, Anak Umur 6 Hingga 12 Tahun Sudah Diharuskan Hubungan Badan

Melansir dari, ayobandung.com inilah 2 suku tertua di dunia:

Suku Aborigin di Australia

Berdasarkan hasil tes DNA dapat disimpulkan bahwa suku Aborigin yang mendiami sebagian besar wilayah Benua Australia dan Pulau Papua merupakan peradaban manusia tertua di dunia. 

Penelitian tersebut menggunakan sampel air liur dari masyarakat modern di Australia dan Papua Nugini. Seperti dikutip dari Sputnik News, langkah tersebut dapat merekonstruksi migrasi nenek moyang Aborigin yang sebelumnya mendiami Benua Afrika.

BACA JUGA:Untuk Nyanyikan lagu Ini Panji Gumilang Undang Aktivis Yahudi ke Al Zaytun, Peringati 1 Muharam

Artinya, Suku Aborigin sebenarnya berasal dari Afrika yang melakukan perjalanan panjang menuju wilayah timur sekitar 75.000 tahun lalu. 

Ini menjelaskan bahwa Aborigin lebih tua dari peradaban Mesopotamia yang berkembang sekitar 8000 sebelum Masehi.

Sejak 31.000 sebelum Masehi, Aborigin diyakini telah tiba di Australia yang ketika itu disebut sebagai Dataran Sahul. 

Dataran itu merupakan super benua yang terdiri dari Australia, Papua dan Tasmania. Ketiganya terpisah berkat naiknya permukaan air laut.

Suku Kerinci di Indonesia

Menurut peneliti asal Amerika Serikat bernama Bennet Bronson serta Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional Jakarta, Suku Kerinci yang mendiami dataran tinggi Bukit Barisan di Provinsi Jambi merupakan kelompok manusia tertua di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: