Ini Kisah Para Nabi dan Rosul di Bulan Muharam, Hijrah Bukan Pindah Tempat Tapi Pindah Sikap

Ini Kisah Para Nabi dan Rosul di Bulan Muharam, Hijrah Bukan Pindah Tempat Tapi Pindah Sikap

Ini Kisah Para Nabi dan Rosul di Bulan Muharam, Hijrah Bukan Pindah Tempat Tapi Pindah Sikap--

RADARMUKOMUKO.COM - Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. 

Bulan ini merupakan awal dari tahun baru Hijriah yang mengingatkan kita akan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. 

Hijrah ini bukan hanya perpindahan tempat, tetapi juga perubahan sikap, pola pikir, dan gaya hidup yang lebih baik.

Bulan Muharram juga termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, bersama dengan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِين

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

BACA JUGA:Kabur Sembunyi-sembunyi dari Grup WA Tanpa Ketahuan Anggota Grup

Bulan Muharram juga menyimpan banyak kisah para nabi dan rasul yang mengalami keajaiban dan keberkahan dari Allah SWT. Beberapa kisah tersebut adalah:

- Diterimanya taubat Nabi Adam AS oleh Allah SWT setelah beliau memakan buah terlarang di surga. Allah SWT mengampuni dosa beliau dan memberikan ilmu serta petunjuk kepada beliau.

- Selamatnya Nabi Nuh AS dan pengikutnya dari bencana banjir besar yang menenggelamkan kaum kafir. Allah SWT memerintahkan beliau untuk membuat kapal dan menaikinya bersama keluarga dan hewan-hewan.

- Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api yang dinyalakan oleh Namrud, seorang raja zalim yang menyembah berhala. Allah SWT menjadikan api itu dingin dan damai bagi beliau.

- Dibebaskannya Nabi Yusuf AS dari penjara setelah beliau difitnah oleh istri raja Mesir. Allah SWT mengangkat derajat beliau menjadi menteri yang adil dan bijaksana.

- Selamatnya Nabi Yunus AS dari perut ikan paus setelah beliau meninggalkan kaumnya yang tidak mau beriman. Allah SWT mengeluarkan beliau dari ikan itu dengan keadaan sehat dan utuh.

- Disembuhkannya Nabi Ayyub AS dari penyakit kulit yang menimpanya selama bertahun-tahun. Allah SWT mengabulkan doa beliau dan memberikan kembali harta, keluarga, dan kesehatan kepada beliau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: