10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Binus Hingga Universitas Islam Sultan Agung

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Binus Hingga Universitas Islam Sultan Agung

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023, Binus Hingga Universitas Islam Sultan Agung--

RADARMUKOMUKO.COM - SCImago Institutions Rankings (SIR), yakni situs pemeringkatan institusi dunia. Telah memerangkingkan universitas swasta  atau perguruan tinggi dan lembaga penelitian di seluruh dunia.

Dalam pemerongkatan SIR 2023, terdapar 3 indikator utama yang digunakan dalam proses pemeringkatan tersebut, yaitu penelitian (50%), inovasi (30%), dan dampak sosial (20%).

BACA JUGA:Ini Dia 5 Kampus Terbaik di Lampung Versi UniRank 2023, UNILA Keberapa?

Tiga indikator itu didukung sejumlah aspek penilaian, seperti high quality publication dan international collaboration untuk indikator penelitian, innovation knowledge dan patents untuk indikator inovasi, serta inbound links dan web size untuk kategori dampak sosial.

Binus pertama,UAD kedua. Berdasarkan penilaian SIR 2023, Binus University berhasil menempati urutan pertama sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia dan peringkat ke-29 secara nasional.

Menyusul diperingkat kedua ada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan peringkat 37 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

BACA JUGA:CAMABA Wajib Tahu, Inilah Tips Yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memilih Organisasi yang Tepat di Kampus

Terkait peringkat ini, Kepala Bidang Publikasi Ilmiah di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD, Prof. Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si., M.Pd. mengatakan pencapaian UAD dihasilkan karena sejumlah dosen UAD dalam setahun terakhir mengalami peningkatan.

Peningkatan aspek dosen tersebut terutama dalam hal mempublikasikan artikel hasil penelitian mereka di high-impact journal, yang mana sebagian besar masuk kategori Q1 di SCImago Journal Rank.

"Peningkatan jumlah kekayaan intelektual dosen-dosen UAD dalam bentuk paten, desain industri, dan paten sederhana, juga luar biasa. Hal ini memiliki komposisi yang juga besar di dalam pemeringkatan SIR kategori Innovation yakni 30%," ucap Rully dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

BACA JUGA:Tips Agar Mudah Beradaptasi di Lingkungan Kampus Buat Maba yang Masih Malu-malu

Adapun untuk 10 kampus swasta terbaik lainnya, dikutip dari situs SIR 2023.

1. Binus University 

Peringkat Indonesia ke 29

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: