Tanda-Tanda Bibit Sawit Palsu dan Asli, Banyak Yang Tidak Tahu

Tanda-Tanda Bibit Sawit Palsu dan Asli, Banyak Yang Tidak Tahu

Tanda-Tanda Bibit Sawit Palsu dan Asli, Banyak Yang Tidak Tahu--

Karena itu, biji sawit PPKS berasal dari sumber benih yang kualitasnya terjaga. Jadi pas ditanam bakal jadi kecambah yang tingkat pertumbuhannya baik dan hampir selalu berhasil. Tingkat kegagalannya rendah.

Bibitnya sudah melewati seleksi dan pengujian yang berkesinambungan, sudah dikembangkan selama bertahun-tahun.

Perbedaan biji sawit PPKS asli dan palsu pastinya terletak di harganya. Yang asli dijual dengan harga yang lebih tinggi karena berasal dari sumber benih pilihan. 

Sedangkan yang palsu terbuat dari sumber yang nggak terjamin, jadi harganya lebih rendah. Selain itu, kita bisa mengecek asli dan palsunya dari beberapa hal di bawah ini:

1. Cek Tekstur Biji Sawit

Bagi yang sudah terbiasa menanam biji sawit, pasti sudah lebih terbiasa membedakan teksturnya. Jadi sudah tahu pasti mana yang asli dan palsu. Ternyata, dari tekstur pun sudah beda. 

Tekstur biji sawit yang asli ternyata saat dipegang permukaannya terasa lebih kasar. Beda dengan biji sawit PPKS yang palsu, justru pas dipegang terasa lebih halus.

BACA JUGA:Ternyata Kelapa Sawit Awalnya Hanya 4 Biji Brondol, Ini Asal Usulnya

Kalau kita nggak tahu dan nggak berpengalaman, justru banyak yang mengira biji sawit yang permukaannya halus itu justru yang asli. 

Karena dianggap yang halus itu pasti lebih baik. Ternyata yang benar justru sebaliknya, yang kasar adalah biji sawit yang asli.

2. Ketebalan Tempurung Biji Sawit

Kita juga bisa mengecek keaslian biji sawit PPKS dari tingkat ketebalan tempurungnya. Biji sawit PPKS yang asli tempurungnya lebih tipis, karena langsung diambil dari kebun. 

Sedangkan biji sawit PPKS yang palsu justru tempurungnya lebih tebal. Untuk bisa mengetahui bedanya, memang lebih mudah kalau dibandingkan secara langsung.

3. Biji Sawit Kotor atau Bersih?

Cara lain untuk membedakan biji sawit PPKS asli dan palsu adalah dari tingkat kebersihannya. Bagi orang awam, mungkin bakal lebih memilih biji tanaman yang bersih, karena lebih aman pas dipegang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: