Anda Sudah Lulus Bahkan Sudah Kuliah Masih Bisakah Daftar Di Perguruan Lainya, Berikut Jawabannya

Anda Sudah Lulus Bahkan Sudah Kuliah Masih Bisakah Daftar Di Perguruan Lainya, Berikut Jawabannya

Jurusan kuliah yang paling dicari di dunia kerja -Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) membantah informasi yang beredar di media sosial bahwa tahun depan tidak ada lagi mahasiswa yang bisa mendaftar di perguruan tinggi lain setelah diterima di salah satu perguruan tinggi.

Informasi tersebut menyebar melalui pesan berantai yang mengklaim bahwa aturan tersebut akan berlaku nasional dan berdampak pada calon mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan kedokteran.

"Jadi klo memang mau masuk kedokteran, pilih sj kedokteran. Karena klo lulus pilihan kedua, kemudian diambil maka tidak bisa lagi kuliah seumur hidupnya, kecuali masuk swasta barangkali," demikian bunyi pesan tersebut.

Namun, Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Budi Prasetyo Widyobroto, mengatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan tidak pernah diberikan oleh SNPMB.

BACA JUGA:Adik-adik Ingin Masuk SMP Negeri, Baca Aturan Usia Masuk Sekolah Beserta Jalurnya PPDB 2023/2024

"Mohon maaf semua cuitan yang sumbernya bukan dari SNPMB tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Menurut dia, informasi bohong tersebut menyesatkan calon mahasiswa dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia mengatakan bahwa calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi tertentu masih bisa mendaftar di perguruan tinggi lain melalui jalur lain, seperti mandiri atau beasiswa.

"Jadi tidak ada larangan untuk mendaftar di perguruan tinggi lain setelah diterima di salah satu perguruan tinggi. Itu hak mereka sebagai calon mahasiswa," ujar dia.

BACA JUGA:Bingung Pilih Sekolah?? Catat Ini 5 SMP Negeri Terbaik di Bengkulu Versi Kemendikbud

Ia menambahkan bahwa SNPMB selalu memberikan informasi yang akurat dan terpercaya melalui situs resmi dan media sosial resmi. Ia mengimbau calon mahasiswa untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya.

"Kami harap calon mahasiswa selalu mengikuti perkembangan informasi dari situs resmi dan media sosial resmi SNPMB. Jangan sampai terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas sumbernya," tutup dia.

BACA JUGA:Catat!! 5 Pertanyaan Ini Penting di Tanyakan Kepada Wali Kelas Anak Saat Pengambilan Rapot

SNPMB adalah lembaga yang bertanggung jawab atas seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. SNPMB menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) sebagai salah satu metode seleksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: