Mengenal Suku Buton, Manusia Bermata Biru

Mengenal Suku Buton, Manusia Bermata Biru

Mengenal Suku Buton, Manusia Bermata Biru --

RADARMUKOMUKO.COM – Suku Buton adalah suku bangsa yang menempati wilayah Sulawesi Tenggara tepatnya di Kepulauan Buton. 

Suku Buton juga dapat ditemui dengan jumlah yang signifikan di luar Sulawesi Tenggara seperti di Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Maluku, dan Papua dikarenakan migrasi orang Buton di akhir tahun 1920-an. 

BACA JUGA:Tradisi Unik dan Ekstrim Suku di Papua, Berperang Hingga Bakar Batu

Seperti suku-suku di Sulawesi kebanyakan, suku Buton juga merupakan suku pelaut. Orang-orang Buton sejak lama merantau ke seluruh pelosok Nusantara dengan menggunakan perahu berukuran kecil yang hanya dapat menampung lima orang, hingga perahu besar yang dapat memuat barang sekitar 150 ton. 

Hal yang unik dari suku ini salah satunya adalah dikenal dengan masyarakat memiliki mata berwarna biru cerah. Namun tidak semuanya warga suku buton bermata biru.

Melansir dari berbagai sumber, terkait asal usul orang suku Buton, secara fisik karakteristik suku Buton mirip seperti orang-orang kaukasoid, khususnya pada bagian mata. Warna mata yang secara turun-temurun diwariskan dalam suku tersebut pernah diduga hasil perkawinan silang orang lokal dengan bangsa Portugis. 

BACA JUGA:Bisa Menghilang, Suku Oni Dianggap Setengah Siluman, Tinggi Hanya 70 Centimeter

Akan tetapi, warna kulit dan rambut yang masih menunjukkan ciri khas yang dimiliki orang Indonesia, membuat dugaan ini diragukan.

Hal ini juga tidak sepenuhnya salah. Sejumlah kaum bangsawan dari suku tersebut memiliki darah campuran. Beberapa orang dari bangsawan mereka dulunya menikah dengan orang-orang Portugis yang datang dan tinggal di Indonesia.

Salah satunya adalah Raja Siompu II,  yang menikahkan putrinya, Wa Ode Kambaraguna, dengan orang Portugis. Akan tetapi, cirik khas fisik mereka memiliki campuran kaukasoid, seperti postur tubuh yang tinggi dan warna kulit lebih cerah.

BACA JUGA:Suku Gaib Orang Bunian, Konon Katanya Miliki Kampung Lebih Indah

Waardenburg syndrome adalah penyebab mata suku Buton berwarna biru. Kelainan akibat mutasi gen yang tergolong langka ini, mempengaruhi pigmentasi pada tubuh. 

Secara kebetulan, kelainan tersebut mempengaruhi pigmentasi pada mata mereka. Itulah sebabnya mengapa mereka memiliki warna mata yang begitu cerah, walau kulit dan rambut mereka berwarna gelap.

Tidak hanya mempengaruhi pigmentasi, sindrom Waardenburg juga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: