Tradisi Unik dan Ekstrim Suku di Papua, Berperang Hingga Bakar Batu

Tradisi Unik dan Ekstrim Suku di Papua, Berperang Hingga Bakar Batu

Tradisi Unik dan Ekstrim Suku di Papua, Berperang Hingga Bakar Batu--

RADARMUKOMUKO.COM - Papua salah satu daerah yang banyak menyumbang keragaman suku bangsa nusantara. Ada berbagai suku yang menghuni kawasan ini, baik suku asli maupun warga keturunan perantau.

BACA JUGA:Bukan Hanya Pria dan Wanita, Suku Bugis Mengenal 5 Gender, No 5 Sakti

Jika bisa soal keunikan dan keanehan suku-suku yang ada di Indonesia, suku di Papua salah satunya yang memiliki berbagai tradisi.

Bahkan beberapa tradisi di Papua selain aneh juga ekstrem. Tradisi ini maish terus bertahankan karena merupakan peninggalan leluhur yang telah dianut sejak lama oleh masyarakat Papua.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 keunikan dan keanehan suku-suku di Papua.

Tradisi Potong Jari

Tradisi Potong Jari dilakukan oleh masyarakat adat di Papua yang kehilangan anggota keluarganya. Setiap terdapat satu orang anggota keluarga yang meninggal maka satu ruas jari tangannya harus dipotong sebagai bentuk cinta kasih.

Tradisi Ararem

Tradisi Ararem merupakan tradisi arak-arakan untuk hantaran mas kawin menuju tempat dilaksanakannya pernikahan. Saat Tradisi Ararem digelar maka suasana akan sangat ramai oleh masyarakat. 

BACA JUGA:Penyakit HIV/AID Hingga Penguasaan Lahan Menyebabkan 9 Suku Ini Hampir Punah

Hal unik dari Tradisi Ararem adalah keberadaan bendera merah putih yang turut serta menjadi bagian dari arak-arakan hantaran mas kawin.

Mumi Papua

Tradisi mumifikasi jenazah tak hanya ada di Mesir, Suku Dani Papua juga melakukan tradisi pembalsaman yang tokoh adat yang meninggal. Teknik mumifikasi dilakukan dengan menjemur dan mengeringkan di dalam goa, kemudian ditusuk dengan tulang babi dan diletakkan diatas perapian.

Tifa Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: