Disperindagkop Gelar Pelatihan Tingkatkan SDM Pengelola Usaha Koperasi di Mukomuko

Disperindagkop Gelar Pelatihan Tingkatkan SDM Pengelola Usaha Koperasi di Mukomuko

Disperindagkop Gelar Pelatihan Tingkatkan SDM Pengelola Usaha Koperasi di Mukomuko --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Sebanyak 60 orang pengurus koperasi di wilayah Kabupaten MUKOMUKO hadir mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan bidang perkoperasian di aula Hotel Abyan, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota  MUKOMUKO, Selasa, 20 Juni 2023.    

Pelatihan bidang perkoperasian tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Mukomuko. Dengan tema pendampingan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK-ETAP dan berbasis digital untuk koperasi. 

BACA JUGA:Perempuan Berprestasi di Bidang Pertanian dari Mukomuko Raih Penghargaan dari OASE

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Mukomuko yang diwakili Staf Ahli Bupati, Drs. H. Ansari.  Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau yang mewakili.  

Dalam sambutannya, Drs. H Ansari menyampaikan permohonan maaf bupati dalam hal ini berhalangan hadir. Tanpa mengurangi makna, bupati mengutus dirinya untuk mencapaikan beberapa pesan penting mengenai perkoperasian di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

Disampaikan H. Ansari, sebagaimana diketahui, di Kabupaten Mukomuko terdapat ratusan usaha yang bergerak di bidang koperasi. Akan tetapi banyak koperasi-koperasi yang ada di daerah ini tidak berjalan sebagaimana mestinya atau pasif. 

BACA JUGA:Inspektorat Daerah Mukomuko Naik Level 3, BPKP: Capaian Ini Baru Lima Daerah di Provinsi Bengkulu

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) perkoperasian daerah. 

‘’Nama koperasinya cukup banyak, tapi banyak yang sekedar punya nama tapi tak bergerak. Pasif tanpa ada kegiatan. Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat diikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang didapatkan dapat meningkatkan lajunya pertumbuhan usaha koperasi di daerah,’’ ungkap H. Ansari. 

Kegiatan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan lainnya merupakan bagian dari pembangunan. Dijelaskan Ansari, pembangunan tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga non-fisik. 

Oleh sebab itu, Bupati Mukomuko sangat responsif dengan kegiatan pelatihan maupun bimbingan teknis dalam mendukung pembangunan sumber daya manusianya. 

‘’Bupati sangat mendukung untuk kegiatan peningkatan sumber daya manusia. Sebab beliau paham betul, pembangunan butuh sumber daya manusia dan pembangunan tidak hanya fisik, tetapi juga SDM-nya. Ke depan, kegiatan peningkatan SDM terus ditingkatkan,’’ paparnya.  

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, MAP menjelaskan, pendidikan dan latihan bidang perkoperasian ini menjelas tentang tata cara dalam membuat laporan koperasi. Kemudian, melatih strategi koperasi bangkit dan bertahan dalam pasca pandemi Covid-19. Di samping itu juga mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Koperasi dan UKM serta sosialisasi terkait BPJS Ketenagakerjaan dan pemberdayaan koperasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: