3 Suku Unik Indonesia, Lahir dengan Mata Biru Menyala

3 Suku Unik Indonesia, Lahir dengan Mata Biru Menyala

3 Suku Unik, Lahir dengan Mata Biru Menyala--

RADARMUKOMUKO.COM - Sebagai bangsa besar dan negara beribu pulau, Indonesia dihuni oleh berbagai suku bangsa dengan adat budaya juga beragam.

Selain ragam budaya dan adat, beberapa suku juga memiliki perawakan berbeda. Ada suku yang umumnya bertubuh tegap, suku dengan kulit sao matang, berkulit putih. Juga kadang dapat dikenali dari bentuk rambut gaya bicara dan sebagainya.

BACA JUGA:8 Suku Asli Sumatera Utara, Keunikannya yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Asal Usul Suku Melayu Palembang, Peleburan Arab, China Hingga Jawa

Yang menarik lagi, ada beberapa suku di Indonesia, sebagian besar penduduknya memiliki mata biru menyala sejak lahir.

Umumnya, warna mata orang Indonesia adalah coklat gelap dan hitam. Namun, tidak untuk tiga suku di Indonesia berikut ini yang memiliki mata berwarna biru sejak lahir. 

Dilansir dari berbagai sumber berikut, 3 suku yang lahir bermata biru:

Suku Buton

Suku Buton berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Suku Buton dikenal memiliki mata berwarna biru terang dengan kulit berwarna coklat.

Berdasarkan Pacific Press Agency, mata biru Suku Buton diturunkan dari nenek moyang mereka yang disebabkan oleh Sindrom Waardenburg, yakni kelainan langka yang menyebabkan mata berwarna biru dan kemerahan. 

Ciri khas utama Sindrom Waardenburg adalah warna mata yang berbeda satu sama lain, seperti halnya Suku Buton. Biasanya, sindrom ini dialami 1 dari 42 ribu orang.

BACA JUGA:7 Suku Asli Kepulauan Maluku, Diantaranya Berasal dari Bali hingga Papua

BACA JUGA:7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya Hilang Secara Misterius

Suku Buton juga dapat ditemui dengan jumlah yang signifikan di luar Sulawesi Tenggara seperti di Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Maluku, dan Papua dikarenakan migrasi orang Buton di akhir tahun 1920-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: