Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia

Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia

Ini Penyebabnya Terbentuknya 1340 Suku di Indonesia --

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia yang terletak diantara dua benua sehingga menjadi lalu lintas kapal dagang dari seluruh Negara, baik untuk mencari rempah-rempah dan hasil bumi lainya.

Atas pengaruh hubungan dagang yang datang ke negara Indonesia mereka membawa pengaruh budaya dan suku dari negeri mereka.

Pengaruh budaya dari para penjajah sehingga kebiasaan para pedagang dan kaum penjajah dengan keberagaman suku bangsa dan budaya yang besar di dunia.

Sehingga, sekarang terbentuk sebanyak 300 kelompok etnis dan 1.340 suku di Tanah Air Indonesia.

BACA JUGA:Suku Pekal Diantara Suku Rejang dan Minangkabau, Cerita Putri Rindu Bulan

BACA JUGA:Mengenal Suku Batak Memiliki Hampir 500 Marga

Diperidiksi faktor penyebab tumbuh keberagaman suku bangsa dan budaya-budya Indonesia terdiri atas empat hal.

Mulai dari letak wilayah, bentuk negara yang kepulauan, kondisi alam yang beraneka, hingga kondisi transportasi dan komunikasi di masing-masing daerah.

Dikutip dari berbagai sumber dan Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sekolah SMP dengan judul buku Keragaman Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai berikut.

1. Letak strategis wilayah Indonesia

Secara geografis, Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Pada zaman dulu, letak Indonesia yang berada di wilayah strategis ini membuat berbagai kelompok pedagang singgah ke Nusantara.

Mereka tidak hanya membawa barang dagangan, namun juga pengaruh kebudayaan kepada masyarakat Indonesia. Apalagi, para pedagang itu berasal dari aneka ras dan suku.

BACA JUGA:Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: