Mau Kredit Mobil, Ini Resiko Telat Bayar Cicilan! Tapi Tenang Ini Solusinya

Mau Kredit Mobil, Ini Resiko Telat Bayar Cicilan! Tapi Tenang Ini Solusinya

Mau Kredit Mobil, Ini Resiko Telat Bayar Cicilan! Tapi Tenang Ini Solusinya-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM – Mobil saat ini bukan lagi sebagai barang mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan. Maka banyak orang berusaha memiliki mobil, salah satu solusinya adalah melakukan kredit.

Perlu diketahui untuk yang sudah melakukan kredit mobil yang sedang berjalan ataupun yang berniat mengambil kredit kendaraan. Ada resiko yang harus dihadapi jika tidak mampu bayar tepat waktu atau telat bayar cicilan.

BACA JUGA:Pinjaman Online BRI Angsuran 100 Ribuan, Syaratnya KTP dan Tak Pake Lama

BACA JUGA:KUR Maybank Rp 200 Juta Bulanan 3 Jutaan, Bisa Ajukan Rp 50 Juta–Rp 500 Juta, Ini Ketentuannya

Jika kamu mengalami terlambat bayar angsuran mobil, ada beberapa risiko yang akan kamu dapatkan. Mulai dari dikenakan denda, ditarik leasing sampai di blacklist oleh Bank Indonesia sehingga kamu tidak bisa mengajukan pembiayaan di masa mendatang.

Tips beli mobil kredit agar tidak terlambat bayar salah satunya dengan memilih perusahaan pembiayaan mobil yang menawarkan layanan seperti cicilan ringan. Sebagai pembeli kamu juga harus menyadari kemampuan membayar cicilan dengan kebutuhan lainnya.

Dilansir dari moxa.id, berikut resiko telat bayar cicilan:

1. Denda dan Penalti

Bagaimana jika kredit mobil macet? Pertama-tama pihak leasing akan memberikan teguran dan peringatan. Jika masih tidak ada itikad baik dari debitur, maka ia akan dikenakan denda telat bayar angsuran mobil. Biasanya, perusahaan leasing memberikan batas maksimal telat bayar cicilan 3 bulan dengan bunga berjalan dan penalti 8% per bulan.

2. Mobil Ditarik Leasing

Batas waktu penarikan mobil kredit oleh leasing yaitu jika debitur mengalami kredit macet selama tiga kali atau setara dengan 90 hari. Nah, saat mobil ditarik leasing, bukan berarti hutang dianggap lunas. Kamu tetap diwajibkan melunasi cicilan tersebut.

BACA JUGA:Bank Mandiri Taspen Sediakan Pinjaman Rp 350 Juta Hingga Rp 500 Juta, ada 4 Jenis Lho

3. Di Blacklist oleh Bank Indonesia

Telat bayar kredit mobil maupun kredit lainnya dapat menyebabkan nama kamu masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia. Jika hal ini terjadi, maka sudah dipastikan kamu akan sulit mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: