Akibat Dari Timbulnya Buah Tanpa Biji Pada Tanaman Kelapa Sawit, Berikut Efeknya

Akibat Dari Timbulnya Buah Tanpa Biji Pada Tanaman Kelapa Sawit, Berikut Efeknya

Akibat Dari Timbulnya Buah Tanpa Biji Pada Tanaman Kelapa Sawit, Berikut Efeknya--

RADARMUKOMUKO.COM – Bagi para pelaku perkebunan seharusnya sudah mengetahui bahwa buah Partenokarpi atau buah tanpa biji dapat menyebabkan rendahnya kandungan minyak pada buah sawit sehingga dapat menurunkan produktivitasnya.

Maka dari itu, para pelaku perkebunan kelapa sawit harus dapat mengatasi masalah ini yaitu dengan dilakukannya penyerbukan secara sempurna.

Salah satu cara yang efektif yaitu dengan meningkatkan populasi kumbang penyerbuk bernama Elasidobiis Kamerunicus.

Menurut Anggota JPC, Satah H Prastowo menjelaskan, penyebab utama dari Partenokarpi free ini adalah kegagalan dalam proses Polinasi.

Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai jenis faktor, salah satunya adalah kurangnya kesediaan serbuk Sari, gangguan aktivitas kumbang penyerbuk walaupun jumlahnya cukup, atau visibilitas Polen yang kurang baik.

“Gangguan aktivitas kumbang penyerbuk dapat terjadi akibat cuaca yang tidak menguntungkan, seperti hujan pada saat aktivitas penyerbukan sedang tinggi, suhu yang ekstrim, atau dampak asap akibat kebakaran lahan,” katanya.

Selain itu, Prastowo juga mengungkapkan bahwa faktor faktor seperti jumlah kumbang penyebab, ketersediaan bunga jantan, cuaca, dan kualitas Polan saling berinteraksi dalam mempengaruhi terjadinya fenomena Partenokarpi yang terhadi pada tanaman kelapa sawit.

Maka dari itu, perlu adanya Pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan faktor faktor yang dapat membantu para petani dan peneliti dalam mengatasi masalah Partenokarpi dan meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit secara efektif.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: