Ingat, Dimana Posisi Imam Ketika Sholat di Masjidil Haram

Ingat, Dimana Posisi Imam Ketika Sholat di Masjidil Haram

Ingat, Dimana Posisi Imam Ketika Sholat di Masjidil Haram --

RADARMUKOMUKO.COM – Perlu diingat bila sedang berada di Masjidil Haram terdapat sebuah sisi yang dikosongkan ketika sholat berjamaah.

Di sana terdapat sisi yang dikosongkan itu merupakan sisi kiblat yang mengarah Rukun Yamani hingga ke Hajar Aswad, lalu kenapa sisi tersebut dikosongkan Makmum?

Melansir dari akun TikTok @manzaraumrohhaji,  berikut alasan kenapa terdapat sisi yang dikosongkan makmum adalah karena sisi tersebut merupakan posisi Imam tepat di belakang mengarah ke Rukun Yamani hingga Hajar Aswad.

BACA JUGA:Gawat, Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Tanah Suci Itu Indonesia, Mekkah Dan Madinah Cuma Tempat Ibadah

BACA JUGA:Terkenal, Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Indonesia Tanah Suci, Mekkah dan Madinah Hanya Tempat Ibadah

Nah,  perlu diposisi itulah tempat Imam memimpin sholat berjamaah di Masjidil Haram. 

Lalu, mengapa ada makmum yang berada di samping Imam, terkait dengan ini, kembali lagi pada posisi shaf yang ada di Masjidil Haram.

Di Masjidil Haram terdapat Kiblat, dan dari posisi shaf tersebut posisi makmum yang berada di samping atau depan Imam itu tidak benar-benar berada di depan Imam.

Karena posisi shaf yang melingkar, posisi shaf makmum yang berada di samping dan depan Imam itu sebenarnya mengikuti shaf di belakang Imam.

BACA JUGA:Pinjam KUR BSI Plafon Rp 500 Juta tanpa Bunga, Ini Ketentuannya

Adapun makmum yang berada pada selain arah Imam, maka mereka boleh berada lebih depan.

Namun para makmum yang berada pada arah Imam, maka tidak boleh berada lebih depan daripada Imam. Semoga artikel ini banyakmanfaat bagi saudara kita yang akang haji atau umroh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: