Mengenal 3 Jenis Pendidikan Formal, Non-Formal dan Informal

Mengenal 3 Jenis Pendidikan Formal, Non-Formal dan Informal

Orang Tua Harus Tahu!! Dampak Anak Masuk Sekolah Dasar di Usia yang Masih Dini-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Pendidikan merupakan faktor yang paling penting dalam sebuah negara karena menjadi wadah untuk mencerdaskan para generasi bangsa. 

Kebanyakan masyarakat hanya tahu bahwa pendidikan yang ada di sekolah. Padahal sebenarnya terdapat beberapa jenis pendidikan.

BACA JUGA:Aturan Baru Usia Anak Masuk TK, SD, SMP dan SMA 2023, Dampaknya Jika Terlalu Muda

Tahukah kalian apa saja jenis pendidikan yang ada?

Di Indonesia pendidikan terdiri dari 3 jalur yaitu jalur Pendidikan formal, pendidikan non-formal, dan pendidikan informal.

Lalu apa sebenarnya 3 jalur pendidikan tersebut? Apa perbedaannya?

Yuk simak!!! Artikel ini akan membahas terkait ketiga jalur pendidikan secara rinci dan jelas

Pendidikan Formal 

Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang telah terstruktur dan memiliki jenjang tingkatan. Pendidikan formal inilah yang sangat banyak orang ketahui.

Dalam pendidikan formal seseorang menempuh pendidikan dengan tingkatan yang telah di tentukan mulai dari sekolah yang paling rendah untuk usia anak-anak yaitu sekolah dasar (SD), lalu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMA (Sekolah Menengah Atas).

Menempuh jalur pendidika formal biasanya ada persyaratan yang harus terpenuhi, adanya kurikulum yang tertruktur, ada seragam selama proses pendidikan, di selenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.

BACA JUGA:Menteri Pendidikan Nadiem Ungkap 3 Persoalan Rekrutmen Guri Honorer

Selain itu, ada ujian untuk yang harus di lewati di setiap akhir tahun pembelajaran, adanya waktu yang lama dalam proses pembelajaran, tenaga didik harus memiliki kualifikasi, dan perlunya ijazah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Pendidikan Non Formal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: