Yuk Kenali Penyakit Hernia, Penyebab Serta Gejala Serta Cara Mengobatinya

Yuk Kenali Penyakit Hernia, Penyebab Serta Gejala Serta Cara Mengobatinya

Yuk Kenali Penyakit Hernia, Penyebab Serta Gejala Serta Cara Mengobatinya -Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Penyakit hernia masih sedikit yang belum mengetahuinya dan beranggapan bahwa hanya sebuah benjolan biasa.

Padahal penyakit hernia bisa berakibat serius jika tidak di selesaikan dengan tepat. Penyakit ini bisa menyerang bayi, anak-anak hingga orang dewasa.

BACA JUGA:Ternyata Rebung Memiliki Banyak Manfaat yang Baik untuk Tubuh

Lalu, sebenarnya apa itu penyakit hernia?

Penyakit hernia merupakan benjolan yang muncul akibat adanya organ dalam tubuh lain menonjol melalui jaringan otot yang menopangnya.

Tonjolan ini biasanya muncul di bagian tubuh yang lemah seperti otot perut atau sendi yang melemah.

Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan jaringan ikat melemah sehingga timbul hernia. Kebanyakan hernia terjadi di rongga perut diantara dada dan pinggul.

BACA JUGA:Para Ahli Gizi Berikan Tips Makan Mie Instan Agar Tetap Sehat dan Bergizi

Dilansir dari Healthline, penyebab hernia karena adanya kombinasi kelemahan dan ketegangan pada otot. Hernia bisa berkembang dengan cepat atau lambat.

Kelemahan otot atau ketegangan otot yang mengakibatkan hernia ini bisa di sebabkan karena adanya kondisi bawaan, ada sejak lahir, hingga saat perkembangan janin di rahim

Selain itu juga bisa di sebabkan adanya cedera akibat olahraga berat, mengangkat beban berat saat hamil, kelebihan berat badan, serta kehamilan kembar.

Faktor lain penyebab hernia ada juga karena kelahiran yang prematur pada bayi, usia tua, batuk kronis, cystic fibrosis, kelebihan berat badan, merokok, serta adanya riwayat hernia dalam keluarga.

Di kutip dari Cleveland Clinic terdapat jenis hernia yang memiliki bentuk dan gejala diantaranya :

1. Hernia Inguinalis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: