Dapat BLT DD 2023, 21 Warga Retak Ilir Tersenyum Gembira, Ini Dia Besarannya

Dapat BLT DD 2023, 21 Warga Retak Ilir Tersenyum Gembira, Ini Dia Besarannya

Dapat BLT DD 2023, 21 Warga Retak Ilir Tersenyum Gembira, Ini Dia Besarannya--

IPUH, RADARMUKOMUKO.COM - Sebanyak 21 warga Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh, tersenyum sumringah menerima uang Rp 900.000 Rabu,(24/5) kemarin. 21 keluarga itu dikategorikan sebagai warga miskin ekstrim, kemudian ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023. Mereka yang ditetapkan sebagai KPM BLT-DD itu sudah diseleksi dan penjaringan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

Berdasarkan hasil Musdesus 21 warga yang ditetapkan sebagai KPM BLT-DD ini memenuhi kriteria sebagai penerima KPM BLT-DD tahun 2023. Dimana kriteria penerima ditentukan pemerintah pusat.  

Kepala Desa (Kades) Retak Ilir, Putra Andeka, S.Kom mengatakan, sesuai dengan kesiapan desanya. Sekarang pihaknya baru bisa menyalurkan dana BLT-DD tahap I tahun 2023. Ia mengaku penyaluran bantuan tunai untuk keluarga kategori miskin ekstrim ini memang rada terlambat. Hal tersebut bukan disengaja. Namun, Karena adanya regulasi yang harus disesuaikan.

BACA JUGA:Desa Sumber Mulya Wakili Kecamatan Penarik di Ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten

"Alhamdulillah, hari ini (kemarin red) kita sudah menyalurkan BLT-DD tahap I tahun 2023. Penyaluran bantuan tunai dari DD ini memang sedikit terlambat. Keterlambatan ini bukan disengaja, tetapi karena adanya aturan yang harus diikuti oleh desa," kata Putra Andeka Rabu,(24/5).

Lanjutnya, masing-masing KPM BLT-DD menerima bantuan tunai sebesar Rp 900.000. Karena bantuan itu disalurkan untuk tiga bulan sekaligus. Yaitu untuk bulan Januari, Februari dan bulan Maret.

BACA JUGA:Kembangkan Objek Wisata, Desa Teramang Jaya Bentuk Pokdarwis

Dimana besaran per bulan yang diterima masing-masing KPM adalah sebesar Rp 300.000. Pihaknya dari Pemdes berharap keluarga yang menjadi penerima bantuan ini bisa memanfaatkan bantuan itu dengan baik. Terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Jumlah KPM BLT-DD kita tahun ini sebanyak 21 KPM. Jumlah ini memang jauh berkurang dari tahun sebelumnya. Karena tahun ini anggaran untuk BLT-DD maksimal hanya 25 persen dan minimal 10 persen. Selain anggaran berkurang kriteria penerima juga berbeda," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: