Banyak Kursi Kosong, Mukomuko Butuh Tambahan Ribuan ASN

Banyak Kursi Kosong, Mukomuko Butuh Tambahan Ribuan ASN

Menutupi kekurangan pegawai, Mukomuko perlu tambahan ASN-Istimewa-Radar Mukomuko

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO, membutuhkan pengadaan ribuan ASN baik CPNS maupun PPPK. Untuk menutupi kekurangan pegawai pada sekretariat, dinas, badan dan kantor di lingkungan Pemkab MUKOMUKO

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut., M.Si kepada radarmukomuko.com ketika menghadiri sosialisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Sub Bagian Umum dan kepegawaian di aula Bappelitbang Mukomuko, Selasa, 16 Mei 2023. 

BACA JUGA:Satpol PP Temukan Wanita Cantik Bawah Umur Berbuat Mesum di Penginapan

BACA JUGA:Dibilang Sesat, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Gebrak Meja 

Dijelaskan Wawan, kekurangan jumlah pegawai dapat dilihat berdasarkan Analisa Jabatan (Anjab) dan Analisa Beban Kerja (ABK). Dari perhitungan Anjab dan ABK tahun 2023 ini, seyogianya untuk jabatan pegawai di level pelaksana atau setingkat staf dibutuhkan 1837 orang. Namun baru terisi sebanyak 490 pegawai.  

‘’Jadi, untuk pegawai di level pelaksana. Masih ditemukan kekurangan 1347 pegawai. Artinya, kita mendorong Kemenpan-RB untuk memberikan kuota pengadaan CPNS maupun PPPK untuk Kabupaten Mukomuko,’’ ungkap Wawan Santoni. 

BACA JUGA:Bocoran BKPSDM Mukomuko, Ada Pelantikan Ratusan PNS, Ini Jadwalnya

Jumlah kursi kosong yang belum terisi pegawai tersebut tersebar di 2 sekretariat dan 43 dinas, badan dan kantor. Menurut Wawan, sebaran kekurangan mulai dari tingkat OPD di lingkungan perkantoran Pemda, hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan. 

‘’Dari sejumlah OPD yang kita maksud, ada beberapa OPD ditemukan jumlah pegawainya masih sangat minim. Selama ini, untuk menutupi beban kerja, maka masing-masing OPD terpaksa mempekerjakan tenaga honorer,’’ paparnya. 

Untuk proses pengadaan ASN, baik CPNS maupun PPPK. Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah mengirim usulan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sesuai kebutuhan. Usulan ini sebagai data dukung dan menjadi bahan pertimbangan bagi Menpan-RB. 

‘’Kalaulah tidak dilaksanakan tes CPNS maupun seleksi PPPK, jumlah ASN di Pemkab Mukomuko dari tahun ke tahun akan terjadi pengurangan. Untuk tahun 2023 ini, terdapat sekitar 70 orang yang bakal memasuki masa pensiun,’’ demikian Wawan Santoni. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: