Jalan Suka Maju, Bukit Makmur Kecamatan Penarik Segera Dibangun

Jalan Suka Maju, Bukit Makmur Kecamatan Penarik Segera Dibangun

DILANJUTKAN: Kondisi jalan penghubung Desa Lubuk Mukti – Suka Maju. Dibangun tahun 2021. Dan akan dilanjutkan dari Suka Maju – Bukit Makmur.-Dokumentasi-Radar Mukomuko

PENARIK,RADARMUKOMUKO.COM  – Angin segar yang diberikan oleh pemerintah pusat. 

Info teranyar, Kabupaten Mukomuko akan mendapatkan kucuran dana infrastruktur Instruksi Presiden (Inpres) 2023,sebesar Rp 23 miliar. 

Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan jalan homix. Khususnya jalan penghubung Desa Suka Maju menuju Desa Bukit Makmur, Kecamatan Penarik

‘’Insya Allah kita dapat dana Inpres Rp 23 miliar. Sekarang tinggal penentuan pagu Kementrian Keuangan,’’ ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT, baru-baru ini.

BACA JUGA:Partai Hanura Daftarkan Caleg Hari Ini, PDIP Besok ke KPU

Bagaimana dengan jembatan Pondok Lunang? Apriansyah mengatakan belum ada kabar lebih lanjut. Dikatakanya pembangunan jembatan di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, juga mengandalkan dana Inpres. Hanya saja, belum ada kepastian apakah dana yang diinginkan akan diturunkan dari kementrian atau tidak. 

‘’Untuk pembangunan jembatan Pondok Lunang belum ada kabar (Dari Kementrian, red),’’ tambah Apriansyah.

Kadis juga mengatakan, masyarakat berencana membuat jembatan darurat secara patungan. Akan tetapi pihak Dinas PUPR tidak memberikan rekomendasi. Ada beberapa pertimbangan. Pertama ada kemungkinan jembatan akan disurvei tim dari pusat. Saat tim survei tiba, Dinas PUPR ingin tim survei melihat kondisi jembatan apa adanya. Pertimbangan lain, belum ada kepastian kapan akan dibangun. Bisa cepat bisa juga lambat. Untuk membuat jembatan darurat butuh dana tidak sedikit. Dikhawatirkan jembatan darurat baru selesai, dana turun dan pembangunan segera dimulai. Masyarakat akan kecewa, jika jembatan darurat yang baru dibuat, dibongkar lagi.

‘’Masyarakat mau patungan bikin jembatan darurat, tapi Dinas PUPR tidak bisa rekomendasi,’’ ungkap Apriansah.  

Kades Bukit Makmur, Suroso, mengaku sudah mendengar informasi ini. Beberapa waktu lalu, telah dilakukan survei lapangan. Dikatakan Suroso, pembangunan jalan ini sudah lama diimpikan warga Bukit Makmur. Adanya informasi bahwa jalan akan segera dibangun, disambut bahagia seluruh warga Bukit Makmur. 

BACA JUGA:Sama-Sama ASN, Ini Perbedaan Tes PPPK dan CPNS Yang akan Diumumkan Pemerintah

‘’Warga Bukit Makmur sudah lama menunggu pembangunan jalan. Jika kabar ini benar, kami sangat bersyukur,’’ ujar Suroso.

Kades Pondok Lunang, Burhan Dahri, masih menunggu kabar baik mengenai pembangunan jembatan di desanya. Jembatan ini sangat dibutuhkan. Bukan hanya warga Pondok Lunang, tapi desa warga desa sekitar. 

‘’Sudah lebih 1 tahun jembatan ini runtuh. Hingga sekarang belum ada tanda-tanda pembangunan akan dimulai. Kami sangat membutuhkan jembatan itu,’’ demikian Burhan Dahri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: