Indonesia Dukung Penuh dan Membantu Timor Leste Bergabung ASEAN

Indonesia Dukung Penuh dan Membantu Timor Leste Bergabung ASEAN

Indonesia Dukung Penuh dan Membantu Timor Leste Bergabung ASEAN-Istimewa-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Kabar masuknya Timor Leste menjadi anggota kesebelas ASEAN saat ini sedang dalam tahp persiapan.

Kementerian Luar Negeri republik Indonesia menerangkan bahwa Indonesia siap membantu Timor Leste dalam menjadi keanggotaan penuh di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)

BACA JUGA:Pekerjaan-pekerjaan Ini Akan Hilang Di Masa Depan, Pekerjaan Apa Sajakah Itu?

Saat ini, Timor Leste harus mengikuti berapa tahapan agar dapat menjadi anggota penuh ASEAN.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro dalam konferensi pers pada Senin (8/5) lalu.

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh Timor Leste agar bisa mendapatkan keanggotaan penuh ASEAN, termasuk di dalamnya adalah perjanjian atau traktat yang ada di pilar politik keamanan, politik, serta sosial budaya.

Sidharto Juga menekankan bahwa Indonesia siap membantu Timor Leste dalam memenuhi tahapan tahapan tersebut. Salah satunya adalah dengan mendatangkan sejumlah pegawai negeri sipil Timor Leste untuk belajar di Indonesia.

BACA JUGA:Partai Hanura Daftarkan Caleg Hari Ini, PDIP Besok ke KPU

“Indonesia ini merencanakan akan membantu Timor Leste dalam proses menjadi anggota penuh ASEAN sehingga kami akan mengundang 30 pegawai negeri sipil mereka untuk berpartisipasi di berbagai kementerian Indonesia yang akan menyelenggarakan (pertemuan soal) keketuaan (ASEAN),” kata Sidharto.

Tak hanya itu, roadmap keanggotan Timur Leste juga Akan dibahas dalam KTT ke 42 ASEAN tahun ini. Para negara-negara anggota ASEAN nantinya akan memberikan rekomendasi Timor Leste untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

Selain itu, para pemimpin ASEAN juga telah memulai membahas sejumlah isu isu penting dalam rangka Mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat Ketahanan ekonomi.

Indonesia akan menjabat sebagai keketuaan ASEAN pada 2023 setelah sebelumnya menerima tongkat Estafeta kepemimpinan dari Kamboja yang mana KTT ke-42 ASEAN akan diselenggarakan di Labuanbajo, Nusa Tenggara Barat pada 9 hingga 11 Mei 2023.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: