Dari 14 Desa Di Penarik, 4 Desa Tidak Bisa Ikut Lomba Desa

Dari 14 Desa Di Penarik, 4 Desa Tidak Bisa Ikut Lomba Desa

Dari 14 Desa Di Penarik, 4 Desa Tidak Bisa Ikut Lomba Desa--

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM– Penilaian lomba desa tingkatan Kecamatan Penarik, telah dimulai sejak 2 Mei lalu. Dan dijadwalkan selesai pada Senin 8 Mei 2023. Dari 14 desa yang ada di kecamatan ini, hanya 10 desa yang bisa dilakukan penilaian. Masing-masing Bumi Mulya, Sidodadi, Marga Mulya Sakti, Lubuk Mukti, Wonosobo, Suka Maju, Maju Makmur, Sendang Mulya, Sumber Mulya dan Bukit Makmur. 4 desa lainnya tidak bisa ikut karena tidak memenuhi persyaratan. Yakni Desa Penarik, Marga Mukti, Mekar Mulya dan Desa Sido Mulyo.

Kasi Pemerintahan Desa, Kecamatan Penarik, Yuliana, SE menjelaskan, lomba desa ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Tahun ini sistem penilaian sedikit beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk bisa mengikuti lomba desa, pemerintah desa harus mengisi aplikasi.

‘’Empat desa tidak bisa mengikuti penilaian lomba desa,’’ ujar Yuliana.

BACA JUGA:Daftar Universitas Terbaik 2023 dan Tips Memilih Kampus dan Jurusan Agar Tak Menyesal

Yuliana juga menyampaikan, ada 3 penilaian yang dilakukan. Pertama bidang pemerintahan, kedua bidang kewilayahan, dan ketiga bidang kemasyarakatan. Setelah survei lapangan selesai, dilanjutkan dengan rekap nilai. Diperkirakan butuh waktu sekitar 3 hari. Setelah semuanya selesai, kemudian diumumkan pemenangnya. Pemenang tingkat kecamatan, akan mengikuti lomba yang sama tingkat kabupaten. Pemenang tingkat kabupaten, mengikuti lomba tingkat provinsi hingga nasional.

‘’Dua desa di Penarik, pernah juara tingkat provinsi, Bumi Mulya dan Maju Makmur,’’ demikian Yuliana."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: