Dapat Material dari PT Agro Muko, Warga Goro Perbaiki Jalan Rusak

Dapat Material dari PT Agro Muko, Warga Goro Perbaiki Jalan Rusak

Dapat Material dari PT Agro Muko, Warga Goro Perbaiki Jalan Rusak -Dokumentasi-

SELAGAN RAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Warga Desa Talang Medan Kecamatan Selagan Raya bersama-sama melakukan gotong royong(goro) memperbaiki jalan rusak di Desa Talang Medan. Jalan tersebut sudah lama dikeluhkan warga, karena kondisi jalan yang sangat memprihatinkan. Titik utama goro menutup jalan yang rusak parah. 

Sementara pihak pemerintah desa memandu untuk menentukan titik-titik yang harus diutamakan ditimbun. 

Bahkan kades bersama perangkat desa, ikut membantu warga meratakan material.

Untuk material dibantu oleh PT. Agro Muko memberikan bantuan berupa material, pasir bercampur batu (Sirtu), yang diberikan Pada pertengahan April lalu.

BACA JUGA:Kades Penarik, Balas Surat Cinta Sekdes, Begini Bunyinya

Sebelumnya pihak desa telah dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APBDES) Selagan Raya, mengajukan permohonan bantuan material. Permohonan disampaikan kepada perusahaan terdekat. PT. Karya Sawitindo Mas (SAP) dan PT. Agro Muko. Bantuan tersebut di acc oleh pihak perusahaan pada pertengahan April.

Material diutamakan untuk menutup jalan yang mengalami rusak parah. Pemerintah desa memandu untuk menentukan titik-titik yang harus diutamakan ditimbun. Bukan sekedar menunjuk, Kades bersama perangkat desa, dibantu warga meratakan material secara gotong-royong (Goro).

Kasi Kesejahteraan, Desa Talang Medan, Kecamatan Selagan Raya, Sutrianto menyampaikan, beberapa waktu lalu, ada sumbangan koral dari PT. Agro Muko. Atas bantuan ini, Kades bersama perangkat desa turun tangan untuk meratakan material. Oleh Sutrianto, kegiatan ini sampaikan kepada anggota DPRD Provinsi Bengkulu Ir. Renjes Zaetheddy. Hasilnya Renjes merespon dengan cara menelpon Sutrianto. 

‘’Ketika ada bantuan koral dari PT. Agro Muko, Kades bersama perangkat desa turun langsung untuk meratakan material dalam genangan air. Itu saya kirim ke anggota DPRD provinsi, pak Renjes,’’ tutur Sutrianto.

BACA JUGA:Total Rp 1 Miliar, Kerugian Negara Korupsi Bansos BPNT Sudah Dikembalikan Rp 464,8 Juta

Sutrianto, mengatakan, jalan rusak ini sudah terjadi sejak 5 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, kerusakan semakin parah, dan semakin banyak. Panjang jalan yang rusak sekitar 2 kilometer. Pemerintah desa telah berulangkali mengusulkan perbaikan. Mulai secara formal. Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) atau saat ada reses anggota dewan. Hingga informal, menyampaikan secara pribadi kepada anggota dewan Provinsi Bengkulu. 

‘’Dari pemerintah desa, kami sudah melakukan apa yang bisa dilakukan agar jalan ini diperbaiki. Secara pribadi, saya juga mengusulkan agar jalan ini diperbaiki,’’ jelas Sutrianto.

Dalam dialog antara Sutrianto dengan Renjes, diketahui bahwa tahun ini pemerintah provinsi telah menganggarkan dana perbaikan jalan ini. Melihat anggaran yang ada, dana tidak cukup untuk melakukan pengaspalan seluruh jalan yang rusak di Talang Medan. Setidaknya dana tersebut cukup untuk melakukan perbaikan, agar jalan lebih nyaman dilalui. Meskipun bukan aspal.

‘’Alhamdulillah jalan provinsi di desa kami sudah mulai diperbaiki. Harapan kami jalan bisa diaspal, mulus,’’ demikian Sutrianto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: