Takut Pemilu Tertutup, Banyak Yang Ragu Nyaleg, Partai Miskin Calon

Takut Pemilu Tertutup, Banyak Yang Ragu Nyaleg, Partai Miskin Calon

Kantor KPU Kabupaten Mukomuko --

RADARMUKOMUKO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah resmi membuka pendaftaran caleg oleh partai politik. Dimana system pendaftaran online lewat upload ke aplikasi Silon.

Hingga pagi ini, belum ada satupun partai politik yang menyerahkan berkas fisik ke KPU Mukomuko. Informasinya banyak partai yang masih kekurangan calon untuk diusung.

Penyebab susahnya mencari caleg diduga karena banyak para tokoh yang ragu, masih menunggu aturan pemilu sistem roporsional terbuka atau sistem pemilu proporsional tertutup.

BACA JUGA:Rawan Meninggal, KPU Batasi Usia Petugas Pemilu Segini

Kebanyakan bakal calon berharap pemilu sistem roporsional terbuka, yaitu caleg dengan suara terbanyak akan terpilih apabila partainya memenuhi suara satu kursi. 

Jika pemilihan pemilu proporsional tertutup, maka penetapan dewan terpilih sepenuhnya ditentukan oleh partai politik, bukan berdasarkan perolehan suara. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besar yang akan menjadi dewan adalah kader partai atau calon nomor urut satu diutamakan.

Kondisi ini, membuat sebagian partai politik masih kelabakan mencari tambahan bacaleg. Baik untuk caleg kabupaten maupun caleg provinsi. Adapun jumlah caleg kabupaten yang harus dipenuhi sebanyak 25 orang setiap partai dan 4 orang caleg provinsi.

Pengurus partai Hanura, Alpian,SE mengakui saat ini mereka masih membutuhkan beberapa caleg, baik laki-laki maupun perempuan. Maka bagi yang berminat mencalon, dapat segera menghubungi pengurus Hanura Mukomuko.

BACA JUGA:Kelok 9 Longsor, Satu Mobil Sempat Tertimbun, Begini Penampakannya

‘’Kalau ada yang ingin maju, partai Hanura masih membuka peluang, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Sebab 30 persen minimal harus ada calon wanita,’’ kata Alpian dikutib dari radarmukomuko.bacakoran.com.

Juga sekjen Gerindra Mukomuko, Ery Yanto, ST mengatakan untuk calon pada dasarnya sudah cukup, namun ada beberapa perbaikan dan pergantian yang dilakukan. Karena ada caleg yang batal maju maupun yang memang minta pergantian. Ia memastikan Gerindra akan mendaftarkan calon sebelum tanggal 10 mei ini.

BACA JUGA:Pemicu Kanker, Alasan Mie Instant Ini Dilarang di Luar Negeri

‘’Sebenarnya jumlah caleg untuk tiga dapil sudah terpenuhi, tapi ada beberapa pergantian dan data belum lengkap. Sekarang sedang kita finalkan,’’ tuturnya.

Ketua DPD NasDem, Ir. Zulfahni diminta keterangannya, mengatakan untuk NasDem caleg sudah cukup, sekarang tahap evaluasi dan melengkapi berkas masing-masing. Ia yakin dengan susunan caleg yang ada, NasDem akan memenangi pilleg 2024 dan Pilpres di Mukomuko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: