Yuk Intip Fakta Menarik dari Planet Merah yang Berada Di Samping Bumi

Yuk Intip Fakta Menarik dari Planet Merah yang Berada Di Samping Bumi

Planet Mars-Ilustrasi-Berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Sudahkah kamu mengetahui bahwa ada sebuah planet berwarna merah yang berada tepat disamping planet kita? Ya, planet tersebut adalah planet Mars.

Planet Mars merupakan salah satu planet yang berada di tata surya kita yang berada di posisi keempat dari matahari.

Planet Mars ini memiliki berbagai macam fakta dan keunikan tersendiri sehingga para ilmuwan dari NASA dan beberapa agensi luar amgkasa lain di dunia berlomba-lomba untuk mengeplorasi planet ini.

BACA JUGA:Suga BTS Terang-terangan Tolak Menggunakan iPhone dan Hanya Terima HP Samsung

Misi demi misi mulai dari misi berawak hingga non awak pun di siapkan untik mempelajari planet ini jauh lebih dalam lahi.

Bahkan, para astronom percaya bahwa planet ini akan menjadi planet yang bisa dihuni oleh manusia sehingga mereka bisa membuat koloni disaan. Namun, hal tersebut memerlukan waktu yang sangay panjang untuk sampai pada impian tersebut.

Planet ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan bumi. Mengutip dari Science Focus jrak antara planet Bumk dengan Mars selalu berubah-ubah. Hal ini dikarenakan bumi dan mars sama sama mengorbit matahari pada porosnya.

Meski begitu, planet ini termasuk dalam planet yang dekat dengan bumi. Pada tahun 1969, wahana antariksa dari Mariner menempuh waktu selama 128 hari untuk tiba di planet Mars.

BACA JUGA:Lahan Pertanian di Areal Irigasi BWS Sumatera VII Bengkulu jadi Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit

Selain itu, Planet ini juga memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos. Adapun ukuran dari kedua satelit ini yaitu memiliki diameter 11 km.

Adapun arti dari nama kedua satelit ini berasal dari nama Dewa Yunani dan Putra Kembar Dewa Mars.

Tak hanya itu, waktu satu hari di Mars memiliki waktu yang hampir sama dengan bumi. Planet ini memiliki panjang waktu satu hari yaitu selama 24 jam, 39 menit, dan 25 detik.

Suhu di Mars juga termasuk dalam suhu pada planet yang memiliki suhu yang sangat ekstrem. Apabila kamu mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke planet tersebut, kamu bakal disambut oleh suhu maksimum sekitar 20 derajat celsius..

Sementara itu jika kamu berada di bawah kutub Mars maka kamu akan rasakan suhu hingga minus 125 derajst celsius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: