Satu Tahun Cahaya Berapa Kilometer?

Satu Tahun Cahaya Berapa Kilometer?

Jarak satu tahun cayaha luar angkasa-Ilustrasi-Pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Jika kita membahas tentang astronomi, maka kamu akan terus menemukan istilah tahun cahaya. tahun cahaya sendiri merupakan alat yang digunakanuntuk mengukur jarak antar benda antariksa.

Benda benda antariksa seperti planet, matahari, hitam, Asteroid, dan masih banyak lagi memiliki jarak kira sangat jauh antara masing masing.

Contohnya saja jarak bintang dekat dengan matahari kita yaitu Proxima Centauri. Bintang ini, memiliki jarak sekitar 4,2 tahun cahaya.

BACA JUGA:Kata-Kata Bijak dari Para Tokoh, Bisa Menjadi Inspirasi

Di pikiran kita, angka 4,2 mungkin terdengar sangat Kecil dan sederhana, namun perlu di ingat kembali bahwa 4,2 tersbut diukur menggunakan tahun cahaya.

Maka dari itu perlu dijelaskan lebih lanjut berapa kira kira jarak empat tahun cahaya apabila dikonversikan dalam satuan kilometer?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Tahun Cahaya Merupakan ukuran jarak dan bukan ukuran waktu.

Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh seberkas cahaya dalam satu tahun. Artinya, cahaya kita Lihat dari bintang Proxima Centauri ini telah melewati jarak lebih dari empat tahun cahaya untuk mencapai kita.

BACA JUGA:Ini 4 Kampus di Bengkulu Masuk Rangking Dunia Versi UniRank Tahun 2023, UNIB Menduduki Peringkat 55 Nasional

Cahaya sendiri memiliki kecepatan yang konstan di seluruh alam semesta. Bahkan dalam ruang hampa, cahaya bergerak dengan kecepatan 670.616.629 mil per jam atau setara dengan 1.079. 252.849 kilometer perjam.

Untuk mencari jarak satu tahun cahaya, maka kamu perlu mengalikan kecepatan tersebut dengan jumlah jam dalam setahun yaitu 8766 jam.

Maka hasilnya adalah satu tahun cahaya sama dengan 5.878.625.370.000 mil atau setara dengan 9,5 triliun kilometer. Waw, jarak yang begitu jauh.

BACA JUGA:Suga BTS Terang-terangan Tolak Menggunakan iPhone dan Hanya Terima HP Samsung

Lalu, mengapa menggunakan tahun cahaya dalam mengukur jarak di alam semesta?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: