Introvert atau Ekstrovert, Kenali Diri Kalian

Introvert atau Ekstrovert, Kenali Diri Kalian

Introvert atau Ekstrovert, Kenali diri Kalian-Ilustrasi-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Seseorang terlahir di dunia dengan keunikan dan kepribadian masing-masing. 

Kepribadian atau personality sendiri adalah tentang cara seseorang menampilkan citra atau kesan dirinya terhadap orang lain.

BACA JUGA:Sangat Disayangkan, Akun Tiktok Bhima Yudho Mahasiswa Asal Lampung Yang Viral, Kini Dibanned

Namun, sebenarnya kepribadian tidak dapat dilihat dari luar. Kepribadian sendiri bersifat netral, bukan buruk atau baik. Kepribadian berbeda dengan sifat.

Sebuah kepribadian seseorang tercipta dari berbagai faktor. Faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang adalah seperti jenis kelamin, umur, etnis, bahkan budaya. 

Dari sebuah penelitian di dapatkan bahwa terdapat perbedaan kepribadian pada budaya yang berbeda. Terdapat berbagai tipe kepribadian pada diri seseorang. 

Carl Gustav Jung membuat dua istilah untuk kepribadian seseorang. Dua istilah itu yang kini menjadi sangat familiar di kalangan masyarakat. Dua istilah tersebut adalah introvert dan ekstrovert

Dua istilah ini didasarkan dengan melihat bagaimana energi seseorang di dapatkan dan di habiskan. Keduanya memiliki karakter dan keunikan yang berbeda.

1. Ekstrovert

Orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih memiliki ransangan dari luar dirinya, sehingga orang dengan kepribadian ekstrovert mereka lebih dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. 

Orang-orang ekstrovert biasanya lebih mudah bergaul dengan orang-orang baru, dan mudah berinteraksi dengan orang lain. 

Ia akan merasa mendapatkan energi ketika melakukan aktivitas bersama atau bercengkrama dengan orang-orang. Orang ekstrovert biasanya tidak bisa hanya berdiam diri, karena akan merasak kehilangan energi.

Kelebihan dari Ekstrovert diantaranya adalah memiliki banyak motivasi, mencari pengalaman baru, berkembang dengan mudah , responsif, dan memiliki banyak pendapat atau argumen. 

Namun, orang yang memiliki kepribadian ektrovert juga memiliki kekurangan diantaranya mudah bosan, sering di anggap cerewet, sulit menikmati sesuatu dengan dalam, kurang waktu untuk diri sendiri, selalu membutuhkan seseorang teman, dan selalu ingin bersosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: