Bangun Jalan Usaha Tani Dua Desa Goro

Bangun Jalan Usaha Tani Dua Desa Goro

Swadaya: Camat dan Kades serta masyarakat saat melihat langsung proses pengerjaan pembukaan badan Jalan baru--

IPUH, RADARMUKOMUKO.COM - Kekompakan masyarakat Tanjung Medan dan masyarakat Pulai Payung patut dicontoh oleh desa lain. Pasalnya mereka saling bahu membahu dan berswadaya untuk membuka badan Jalan Usaha Tani (JUT) dengan volume panjang 800 meter. Selain menjadi JUT dan Jalan Produksi, Jalan yang dibuka secara swadaya tersebut kedepan juga menjadi Jalan penghubung desa Tanjung Medan dengan Desa Pulai Payung. Jalan yang dibangun tanpa menggunakan Dana Desa itu multifungsi. Dan sangat bermanfaat bagi warga Desa Tanjung Medan dan Desa Pulai Payung.

BACA JUGA:Mau Kuliah di Padang, Ini Daftar Universitas Terbaik Bisa Dipilih

Kepala Desa (Kades) Pulai Payung, Mustarrudin, SE mengatakan, sebagai Kades mengapresiasi dan mendukung kekompakan masyarakat Desa Pulai Payung dan masyarakat Desa Tanjung Medan. Karena mereka sanggup membuka JUT dengan panjang nyaris 1 Kilo meter (KM) secara swadaya. Terkait dengan lahan yang dilintasi Jalan tersebut tidak ada masalah dan konflik.

"Lahan yang masuk ke wilayah Pulai Payung dihibahkan oleh pemilik ke Desa Pulai Payung. Demikian juga dengan lahan yang masuk dalam wilayah desa Tanjung Medan dihibahkan oleh pemilik ke desa Tanjung Medan," kata Mustarrudin Jumat,(28/4).

BACA JUGA:Tips Diet Ala Orang Jepang Simple dan Mudah ditiru!

Dijelaskannya, untuk sementara ini Jalan ini hanya digunakan sebagai akses angkutan hasil pertanian dan menjadi Jalan akses produksi.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kedepan Jalan tersebut menjadi salah satu Jalan penghubung antara desa Tanjung Medan dengan Desa Pulai Payung dan pusat kecamatan.

Pembukaan badan Jalan baru ini sangat strategis dan bermanfaat bagi masyarakat di desa. Lokasi pembukaan badan Jalan itu tepat di samping SMAN 02 Ipuh.

"Pembagunan Jalan baru ini murni 100 persen swadaya masyarakat Desa Pulai Payung dan desa Tanjung Medan. Kita harap masyarakat dua desa ini nanti tetap kompak dan solid untuk pembangunan desa," bebernya.

BACA JUGA:Hari Ini, Kolam Renang Agrowisata Digoyang Kuda Luping Bertabur Doorprize

Ditambahkannya, sebelum pekerjaan buka Jalan baru itu dikerjakan. Pihaknya dari desa sudah memastikan terlebih dahulu masalah hibah lahan.

Setelah dipastikan tidak ada konflik terkait lahan yang dilintasi Jalan itu, barulah pekerjaan dilaksanakan. Bahkan camat juga sudah turun mengecek lahan yang dilintasi pembukaan Jalan baru tersebut. Pihak kecamatan juga sangat mendukung swadaya masyarakat desa Pulai Payung dan desa Tanjung Medan ini.

"Sekarang pekerjaan pembukaan badan Jalan yang dilaksanakan masyarakat dua desa itu hampir selesai. Mungkin dalam dua atau tiga hari ini pekerjaan Jalan itu bisa selesai dan langsung dimanfaatkan oleh masyarakat dua desa," tutupnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: