Suhu di Bumi Belakangan Ini Kian Memanas, Begini Tipsnya Agar Kuat Tetap Bertahan

Suhu di Bumi Belakangan Ini Kian Memanas, Begini Tipsnya Agar Kuat Tetap Bertahan

Panas Ekstrem di Thailand Semakin Mengganas, Warga Diminta Tetap Berada di Rumah--

RADARMUKOMUKO.COM - Sudah hampir seminggu cuaca di beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan suhu yang cukup signifkan.

Namun, hal tersebut tak hanya terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, melainkan juga terjadi di beberapa wilayah di Dunia.

Menurut BMKG, suhu tertinggi di Indonesia akibat cuaca ekstrim ini tercatat tembus hingga 37,2 derajat derah di wiliyah Ciputat.

BACA JUGA:Tri Suaka dan Nabila Resmi Menikah, Sederhana dan Maskawin Bermakna

Kenaikan suhu yang cukup ekstrim ini ternyata disebabkan karena adanya gelombang panas yang melanda di kawasan Asia. Wilayah-wilayah yang terdapamlak gelombang ini diantaranya adalah India, Kamboja, hingga Thailand.

Bahkan, suhu tertinggi di negara-negara tersebut sangat tinggi melembihi suhu tertinggi di Indonesia yaitu 45 derajat celsius yang terjadi di Thailand.

Dengan adanya kenaikan suhu yang drastis yang disebut-sebut sebagai pertanda datangnya musim kemarau, maka banyak sekali orang-orang yang bekerja di luar ruangan terpaksa harus melawan panasnya suhu yang ekstrim.

Bahkan, di beberapa wilayah, pemerintah setempat Menghimbau kepada warganya untuk tetap berada di rumah selama cuaca ekstrim ini.

Selain itu, para pemerintah setempat juga memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap kuat bertahan ditengah gempuran cuaca ekstrim ini.

BACA JUGA:Mau KUR BRI Rp 100 Juta, Lengkapi Syarat Ini

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatn pun memberikan sejumlah tip yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi panasnya suhu ini.

Diantaranya adalah dengan tidak kontak langsung dengan matahari selama lebih dari 30 menit dan disarankan untuk menggunakan payungsaat berada diluar.

Selain itu, Kemenkes juga menyarankan kepada maysarakat untuk wajib menggunakan Suncreen minimal dengan kandungan SPF30+ agar mencegah kerusakan pada kulit.

Jika kamu mengalami gejala seperti keringat berlebih, kulit terasa panas, hingga mual dan muntah, maka kamu wajib mendinginkan tubuh dengan menggunakan kain basah yang ditempelkan di area tubuh seperti leher, lengan, dan kaki.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: