Tips Ampuh Menurunkan Kolestrol Saat Lebaran

Tips Ampuh Menurunkan Kolestrol Saat Lebaran

Olahraga Ilustrasi--pixabay

RADARMUKOMUKO.COM - Saat momen hari raya lebaran, biasanya orang-orang akan bersilaturahmi mengunjungi rumah kerabat dan saudara.

Selain itu, pada saat lebaran juga dihidangkan berbagai jenis makanan sebagai teman bersilaturahmi.

Hidangan demi hidangan pun disajikan mulai dari makanan-makanan yang mengandung lemak seperti opor ayam, gulai, rendang, yang mengandung kolestrol yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Tips Jaga Rahasia dan Aman Saat Transaksi Digital

Tak heran, jika setelah lebaran tubuh merasa tidak enak karena naiknya kadar kolestrol pada tubuh.

Mengutip dari beberapa sumber, kolestrol yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menempel pada dinding arteri atau pembuluh nadi. Akibatbya, akan mempersempit atau bahkan bisa menyumbat aliran darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubub.

Maka dari itu, apabila dirasa kolestrol naik saat lebaran, kita harus segera menurunkan kadar kolestrol agar dapat menguranvi risiko timbulnya berbagai macam penyakit.

Melansir dari laman healthline, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh.

1. Ubah pola makan

Untuk dapat menurunkan kolesterol, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memulai mengganti pola makan menjadi lebih sehat.

Usahakan untuk mengurangi makan makanan berlemak, terutama makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh.

Meski begitu Orang dengan kadar kolesterol tinggi masih bisa mengkonsumsi makanan berlemak sehat atau makan makan lemak tak jenuh.

2. Perbanyak Olahraga

Tak hanya menjaga pola makan, olahraga yang cukup juga harus dilakukan agar kadar kolestrol jahat pada tubuh berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: